Siapkan Mahasiswa UKDC Peroleh Profesi Sesuai Passion Melalui Tes Minat Bakat dan Webinar

Pusat Karir UKDC bersama dengan PT. Top Karir Indonesia menyelenggaran kegiatan dengan tujuan untuk mempersiapkan mahasiswa UKDC memperoleh pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki. Rangkaian kegiatan tersebut adalah tes minat bakat dan webinar. Tes minat bakat dilakukan selama 4 hari, mulai 14 Maret 2022 s.d 17 Maret 2022 dengan jumlah partisipan sebanyak 90 mahasiswa. Tes yang dilakukan secara online melalui website jatimcerdas.id dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan. Usai mengerjakan tes, peserta dapat langsung mengetahui profesi yang sesuai dengan hasil tes yang dilakukan.

Selain mengadakan tes minat bakat, kegiatan lainnya adalah webinar dengan tema “Temukan Minat dan Bakat untuk Karier Makin Dahsyat” yang diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 18 Maret 2022 dengan kurang lebih 125 mahasiswa UKDC ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut. Ibu Fitrianti Vidya Kusuma, S.Psi selaku Supervisor HRD PT Top Karir Indonesia pada kesempatan tersebut menjadi narasumber tunggal yang mampu memberi wawasan baru dan motivasi kepada peserta webinar untuk terus mengasah minat dan bakat.

Beliau menekankan bahwa untuk mengetahui potensi diri, diperlukan langkah-langkah jitu diantaranya adalah mengenali diri, menentukan tujuan hidup dan menghindari pikiran dan perbuatan yang negatif yang justru akan menjauhkan diri pada tujuan hidup. “potensi diri perlu diasah dan dikembangkan. Dan yang terpenting hindari perkataan dan prasangka negatif tentang dirimu, tetapi bangunlah pondasi diri dengan perkataan dan perasaan positif. Dengan demikian, akan muncul rasa percaya diri dalam diri” imbuhnya.

Terselenggaranya kegiatan tersebut diharapkan agar dapatmemudahkan mahasiswa UKDC untuk menentukan profesi apa yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Hal ini akan sangat membantu mahasiswa dalam mempersingkat waktu tunggu dalam mendapatkan pekerjaan. Bekerja sesuai dengan minat dan bakat memiliki manfaat yang besar salah satunya adalah dalam menjalani pekerjaan, akan lebih menikmati pekerjaan, pekerjaan akan menjadi lebih mudah, dan secara tidak langsung akan memunculkan kreativitas dalam bekerja. Dari webinar yang berlangsung selama 2 jam, peserta memperoleh manfaat yang besar, hal ini seperti yang dituturkan oleh salah satu peserta yang saat ini duduk di semester 6 setelah mengikuti webinar, “Acara ini mmeberi manfaat dalam menambah wawasan akan minat dan bakat”. Tidak hanya menambah wawasan, webinar ini juga memberikan tips bagi peserta agar mampu mengembangkan minat dan bakat untuk mendukung profesi yang akan digeluti. Mahasiswi program studi akuntansi tersebut menembahkan “selain memberi wawasan, dari kegiatan ini saya dapat mengetahui tips atau cara untuk menemukan minat bakat dan sharing dari pembicara juga menambah informasi tentang proses dalam mengembangkan bakat” imbuhnya. (mds)