Mengasah Kreativitas Mahasiswa dalam Kegiatan PKM Internal Fakultas Teknik

Kamis, 9 Desember 2021 Fakultas Teknik dari Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya mengadakan acara PKM’S Proposal Pitching. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meingkatkan kualitas mahasiswa dalam melakukan pengembangan dari ilmu pengetahuan yang dimiliki dalam bidang akademis. Dalam acara ini mahasiswa Fakultas Teknik UKDC melakukan presentasi proposal di hadapan para Reviewer dari bidang akademis kampus UKDC maupun kampus lain. Kegiatan PKM internal ini merupakan langkah awal mahasiswa dalam melakukan perbaikan dari segi konten maupun penulisan laporan sebelum melangkah ke ajang perlombaan PKM yang diadakan oleh Kemendikbud.

Kegiatan PKM Internal internal ini diikuti oleh 11 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 3-4 anggota. Satu persatu kelompok maju untuk menyampaikan proposal yang telah di kerjakan bersama, dimana proposal PKM yang diajukan memiliki karakteristik berbeda-beda. Terdapat kelompok yang cenderung berfokus pada perbaikan lingkungan, inovasi teknologi, dan lain sebagainya. Setelah menyampaikan presentasi, Reviewer proposal PKM akan melemparkan beberapa pertanyaan, sekaligus menyampaikan saran yang sifatnya membangun.

Reviewer pertama bernama Bapak Ir. Hery Budiyanto, MSA., Ph.D  selaku Dosen Magister Arsitektur dan Kepala LPPM Universitas Merdeka Malang, kemudian Reviewer kedua Bapak Stephanus Surijadarma, A.Md., S.T., M.T., Ph.D selaku Dosen Prodi Ilmu Informatika UKDC, reviewer yang terakhir adalah Bapak Dr. Stefanus Prabani S.H.B.P, S.T., M.M., M.T selaku Kepala Jurusan dan  Dosen Prodi Arsitektur. Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Di penghujung acara panitia PKM Internal kemudian mengumumkan kelompok yang menjadi juara 1, juara 2, dan juara 3. Proposal yang menjadi juara 1 merupakan proposal yang memiliki judul “Pemanfaatan Kran Air sebagai Penghasil Listrik Guna Membantu Nyala Lampu Padam” dari judul ini Prahesti Jihan Permatasari selaku ketua kelompok menjelaskan bahwa listrik sebenarnya dapat dibangkitkan dari sumber daya yang ada disekitar kita, misalnya saja kran air. Karena kegiatan ini sifatnya tertutup, sehingga audiens yang menyaksikan presentasi ini hanya dari Reviewer, panitia PKM dan peserta dari anggota kelompok lain. Masing-masing kelompok yang juara berhak mendapatkan uang prestasi dari panitia PKM Internal Fakultas Teknik UKDC.