Prodi Manajemen gelar Guest Lecture : Lulus Tanpa Plagiarisme.

Pada Hari Sabtu 30 April 2022 Prodi Manajemen mengadakan Kuliah Tamu dengan tema “Tips Lulus tanpa Plagiarisme” bersama Bapak Dr. Nyoman Sutapa,CRP. Dosen teknik Industri Universitas Kristen Petra Surabaya. Dengan moderator adalah mahasiswa Prodi Manajemen atas nama Yuli Herawati .

Mengetahui jumlah plagiarisme dalam penulisan tugas akhir merupakan hal yang penting, dikarenakan mahasiswa harus mengetahui batasan dalam pengutipan artikel atau karya ilmiah pihak lain yang dapat diakui sebagai karya ilmiahnya.

Plagiarisme adalah perbuatan sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dana tau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyertakan sumber secara tepat dan memadai.

Ada beberapa tips untuk mencegah terjadinya plagiarisme yaitu Sertakan sitasi ketika menggunakan gagasan, informasi, opini yang bukan buah pikir sendiri, meskipun tidak menggunakan kata-kata yang sama persis. Penulis harus memberikan keterangan dari mana informasi yang dituliskan didapat. Catat berbagai sumber pustaka sejak awal. Lakukan parafrase. Kutipan-kutipan langsung berpotensi dianggap melakukan plagiarism. Lakukan parafrase  -menggunakan susunan kalimat sendiri-  dari sumber asli dengan tetap mencantumkan sitasi.

Bapak Nyoman menjelaskan beberapa strategi dalam penulisan untuk mencegah plagiarisme yaitu mengurutkan penulisan yang dimulai dari kerangka pikir. Alur penulisan mengikuti lampu lalu lintas: hijau-kuning-merah Pertama.. yang dimana dimaksud adalah lampu hijau untuk menulis tanpa jeda tanpa menilai sampai tuntas, lampu kuning untuk mengevaluasi dan lampu merah untuk menyortir apa saja yang sekiranya mampu menaikan jumlah plagiarisme.

Bapak Nyoman juga berpesan jangan pernah untuk takut salah dalam menulis, karena salah tersebut adalah bagian sebuah proses perjalanan, dan sadari batasan sumber daya.  

Kuliah tamu berlangsung selama satu jam dimana mahasiswa – mahasiswa yang terlibat sangat aktif dan antusias dalam memberikan pertanyaan yang sekiranya kurang mereka pahami. Dan dihadiri 71 mahasiswa yang berasal dari internal kampus UKDC maupun eksternal kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.