Mahasiswa UKDC Belajar Kiat Sukses dalam Interview

Tidak dipungkiri bahwa wawancara saat melamar pekerjaan merupakan hal yang ditakutkan para pencari kerja. Selain nilai akademik yang bagus, kesiapan diri dalam mengahadapi wawancara dengan HRD juga perlu dipersiapkan dengan matang. Mulai dari etika dalam bersikap dan berpakaian, body language, eye contact saat komunikasi dan hal lainnya yang dianggap dapat menambah percaya diri dan mendapatkan simpati dari pewawancara (HRD). Dengan demikian, pencari kerja dapat memperoleh pekerjaan di perusahaan yang diidam-idamkan.

Berdasarkan pada kebutuhan mahasiswa UKDC serta adanya tuntutan agar lulusan UKDC memperoleh pekerjaan tidak lebih dari 6 bulan, Pusat Karir bekerjasama dengan Nusa Talent yang merupakan Star Up pada bidang Human Resources menyelenggarakan Workshop dengan tema “How to Impress HR Person and Win Recruitment Process” yang diselenggarakan pada hari Jumat, 18 Februari 2022 melalui daring. Selama kurang lebih 2 (dua) jam, mahasiswa UKDC diberikan wawasan baru mengenai hal-hal yang diperlukan dalam persiapan untuk melakukan wawancara dengan HRD. Dipandu oleh Kak Dimas Mahardika Prasetyo selaku partnership specialist di Nusatalent, mampu mengajak 50 peserta untuk aktif dalam tanya jawab.

Berdasarkan pada data yang diberikan mengenai perekrutan, setidaknya 93% perusahaan akan melakukan riset media sosial kepada calon pekerja. Oleh karenanya, mulai dari mahasiswaa dengan status aktif harus mulai memberikan rekam media sosial yang baik dengan prestasi-prestasi maupun kegiatan – kegiatan yang positif. Tips dan trik juga diberikan oleh narasumber agar dapat malakukan wawancara dengan HRD dengan baik dan benar.

“workshopnya seru karena narasumber komunikatif dengan peserta selain itu materinya bermanfaat bagi saya untuk persiapan diri”. Ujar salah satu peserta ketika diminta testimoni tentang kegiatan yang telah diikuti. Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa UKDC untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Sehingga lulusan UKDC dapat terserap di perusahaan kurang dari 6 bulan.