Mengenal Dunia Maintenance Industri dalam Kuliah Tamu

Rabu, 24 November 2021, Prodi Teknik Industri UKDC kembali menyelenggarakan kuliah tamu dengan tema “Predictive Maintenance Technologies In Industry”. Kuliah tamu yang diikuti oleh lebih dari 30 mahasiswa teknik tesrbut dibuka pada pukul 15:00 WIB. Acara kuliah tamu ini berlangsung secara online melalui aplikasi Zoom Meeting.

Prodi Teknik Industri mendatangkan narasumber yang sangat ahli dalam bidang maintenance, maka dari itu terpilihlah Bapak Ahmad Habibie Rahman, S.T. Bapak Habibie bekerja dalam bidang Field Service Representative di PT. Indoturbine.

Bapak Habibie menjelaskan materi dan pengalaman beliau semasa bekerja pada bidang tersebut, disini beliau menyatakan bahwa “mahasiswa lulusan teknik industri tentu memiliki peluang besar apabila ingin bergabung dalam perusahaan ini, sebab seperti yang sudah-sudah, mahasiswa teknik industri menjadi pengambil keputusan terbesar dalam beberapa hal, misalnya dalam penentuan vendor, penentuan supplier bahan baku, dan lain sebagainya” pernyataan inilah yang kemudian menggiring para peserta untuk lebih semangat dalam melemparkan pertanyaan demi terpenuhinya rasa ingin tau mereka.

Beliau menyampaikan bahwa dalam suatu perusahaan, maintenance merupakan sesuatu hal yang sangat sensitif dan perlu dilakukan dengan benar. “ada 3 jenis maintenance yang umum dilakukan, yakni reactive maintenance, preventive maintenance dan predictive maintenance, dimana setiap jenis tentu memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing”.

Materi diperdalam terlebih lagi pada saat para mahasiswa saling melempar pertanyaan. Salah satunya adalah “Pak, apakah lingkungan eksternal dapat memperngaruhi pengecekan kerusakan suatu unit?”, disini beliau menjawab “tentu saja, maka dari itu pengecekan kerusakan pada suatu unit dapat menggunakan beberapa cara untuk meyakinkan hal tersebut, yakni dengan menggunakan sensor panas dan getaran” tidak sampai disitu, tentu Bapak Habibie menjelaskan lebih mendalam lagi dari setiap pertanyaan yang ada.

Jam sudah menunjukkan pukul 17:00 WIB, maka sudah saatnya kuliah tamu berakhir, para peserta dan tim penyelenggara mengucapkan banyak terima kasih atas materi bermanfaat yang telah disampaikan, semoga dengan adanya materi ini dapat diimplementasikan oleh mahasiswa di kemudian hari.