Webinar – Perkembangan Industri Minyak dan Gas Bumi

Prodi Teknik Industri dari Fakultas Teknik UKDC mengadakan acara Webinar pada hari Selasa (15/11/2021). Webinar ini mengusung tema yang bertajuk “Perkembangan Industri Minyak dan Gas Bumi”, dalam acara ini peserta yang diikuti oleh lebih dari 100 orang diajak untuk lebih jauh mengetahui bagaimana perkembangan industri minyak dan gas bumi, dan juga bagaimana upaya mereka dalam menanggulangi dampak dari hasil produksinya. Acara webinar ini terbuka untuk umum dan berlangsung secara online melalui aplikasi Zoom Meeting.

Acara dimulai pada pukul 09.30 WIB, dengan mendatangkan narasumber yang sangat ahli dalam bidang industri minyak dan gas bumi yakni Bapak Osa Kurniawan Ilham, S.T, dan Bapak Ir. Ig. Jaka Mulyana, STP., M.T., IPM. yang saat ini juga menjadi Kepala Program Studi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Bapak Osa Kurniawan Ilham, S.T menjadi pemateri pertama, disini bapak Osa menjelaskan istilah “Upstream Industri dan Downstream Industri” sebagai pembuka, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan bahwa industri minyak merupakan industri yang kompleks. “Jadi sebenarnya industri minyak dan gas itu sangat kompleks, dimana saya sebagai field operation management harus mampu mengkordinasi beberapa fungsi komponen yang saling berkaitan, seperti komponen production, maintenance, safety environment, dan sebagainya”.

Setelah Bapak Osa selesai dengan materinya, selanjutnya adalah sesi pemateri dari Bapak Jaka Mulyana, disini beliau juga menyampaikan materi yang tidak kalah menariknya dengan materi sebelumya, seperti apa yang beliau sampaikan bahwa “Ada beberapa tantangan di industri minyak terlebih lagi pada era pandemi saat ini, yakni berkurangnya demand dan menurunnya harga terlebih lagi sudah banyak ditemukan sumber daya alternatif pengganti minyak, sehingga diperlukan adanya suatu improvement yakni perbaikan proses produksi, meningkatkan keamanan operasi, menurunkan cycle time produksi, dan sebagainya”

Kemudian setelah kedua narasumber selesai menyampaikan materinya, peserta diajak untuk mengerjakan kuis online untuk memperebutkan hadiah menarik dari Tim, di sisi lain peserta juga sangat aktif untuk melakukan proses tanya jawab kepada kedua narasumber pada sesi Question and Answer (QnA). Jam menunjukkan pukul 12 siang, tiba saatnya acara webinar ditutup, semoga dengan adanya webinar ini peserta dapat memanfaatkan dan mengimplementasikan ilmu ini dikemudian hari.