Webinar “Cullinary Enterpreneur is My Passion”

Webinar Karya Alumni UKDC Untuk Negeri

Berlatar belakang pada menariknya bisnis kuliner beberapa waktu ini, memberikan inspirasi bagi para Alumni Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) untuk menyelenggarakan webinar yang mengulas tema yang sesuai dengan situasi saat ini dalam bisnis kuliner. Webinar yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 2 Oktober 2021 kemarin diikuti oleh sebanyak 107 peserta webinar dari internal mahasiswa kampus UKDC dan dari external kampus, webinar ini juga telah  tayang di youtube

Webinar ini merupakan karya perdana dari para alumni UKDC, begitu pula halnya dengan narasumber, moderator serta tim dibalik layar yang bekerja bersama-sama Wakil Rektor IIII Bidang Kemahasiswaan & Alumni, Ibu Dr. V. Ratna Inggawati, M.M.

Dalam webinar ini alumni UKDC mengajak para calon-calon entrepreneur muda untuk berani mencoba berkarya dan berwirausaha terutama dalam bidang kuliner. Berani mencoba dan tidak takut gagal merupakan slogan yang bisa digunakan sebagai penyemangat dan motivasi dalam mendirikan sebuah usaha.

Webinar dilaksanakan dengan menghadirkan 2 orang narasumber, yang merupakan alumni dari UKDC. Satu orang narasumber berlatar belakang praktisi sekaligus owner dari Pempek Farina Cab. Aloha Sidoarjo, Sdr. Theo Stevanus, S.E. dan satu narasumber berlatar belakang sebagai akademisi dan berkarya sebagai Dosen Tetap Prodi Manajemen, Ibu Citra Anggraini Tresyanto, S.E., M.M. Kedua narasumber tersebut  merupakan alumni dari Fakultas Ekonomi, Prodi Manajemen. Tak kalah penting juga moderator dalam webinar kali ini merupakan alumni dari Fakultas Hukum, Prodi Ilmu Hukum, Ibu Martika Dini Syaputri, S.H., M.H, beliau saat ini terdaftar sebagai Dosen Tetap Prodi Hukum, Universitas katolik Darma Cendika.

Tema webinar berbincang seputar “Culinary Enterpreneur is My Passions” menceritakan pengalaman dan pahit manis perjuangan Sdr. Theo sebagai owner Pempek Farina Cab. Aloha dalam mengembangkan bisnis kulinernya. Sebagai owner beliau dituntut untuk sangat mengenal produk kuliner yang diproduksi dan dipasarkan. Keberhasilan yang dicapai Sdr. Theo tidak berlangsung dalam hitungan jam, melainkan butuh waktu dan proses sampai akhirnya bisa eksis sampai dengan hari ini.

Pengalaman menjadi Koki di dapur, sebagai pramuniaga, menjadi cashier, dan bahkan menjadi marketing dari produk Pempek Farina sudah dialami sebagai bagian dari proses oleh Sdr. Theo untuk menjaga kualitas dan citra dari merek pempek yang diproduksinya.

Hal tersebut didukung dengan pernyataan dan informasi yang disampaikan oleh Ibu Citra selaku akademisi dalam bidang marketing. Beliau juga menambahkan informasi terkait hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan dalam memulai sebuah bisnis atau usaha. Pemilihan produk, analisis pasar, sampai dengan pembiayaan usaha harus dipersiapkan dengan baik. Sebuah informasi yang sangat bermanfaat bagi para calon entrepreneur-enterpreneur muda peserta Webinar ini. Dalam dunia marketing, perlu dilakukan beberapa strategi yang bisa digunakan sebagai acuan dan tips sukses dalam menjalankan sebuah usaha.

Memasuki era digital seperti saat ini para pengusaha juga dituntut untuk semakin aktif di media sosial. Begitu pula halnya dengan bisnis kuliner. Pandemi Covid-19 tampaknya tidak menyurutkan animo masyarakat untuk berwisata kuliner, dan memberikan dampak positif juga pada UMKM bisnis kuliner. Konsumen yang mungkin tampak terkurung di rumah karena pandemi Covid-19 tetap bisa mencicipi kuliner yang diinginkan dengan membeli secara online melalui jasa antar makanan online. Melalui pesan makanan secara online konsumen juga bebas memberikan saran dan ulasan untuk makanan yang baru saja dipesan dan dinikmati. Berdasarkan hal tersebut, maka sebagai pengusaha atau owner sudah sepantasnya bila memberikan apresiasi atas saran dan ulasan yang diberikan oleh konsumen demi menjaga ataupun meningkatkan kualitas produk yang kita jual.

Akhir kata, semoga webinar karya alumni ini menginspirasi dan memberikan motivasi para peserta webinar, para adik-adik mahasiswa dan para calon enertpreneur-enterpreneur muda untuk lebih berani mencoba, berani gagal dan tidak berputus asa, karena “Kegagalan hanyalah kesempatan untuk memulai lagi, kali ini lebih cerdas” (Henry Ford, Pendiri Ford Motor Company).

Jangan lewatkan Webinar lain karya Alumni UKDC dengan tema-tema lainnya, sebagai bentuk karya alumni untuk negeri.

Salam Alumni UKDC.