Mahasiswa, Ini 3 Tips Jago Public Speaking yang Baik Untuk Pemula

Tips Public Speaking yang Baik Untuk Pemula

Surabaya (30/09) – Public speaking adalah salah satu soft skill penting yang perlu dimiliki oleh setiap orang di abad 21 ini. Kemampuan public speaking ini digunakan untuk membangun keterlibatan audiens pada saat berkomunikasi di depan umum, baik untuk orang-orang yang belum dikenal dan sudah dikenal sebelumnya.

Berangkat dari hal tersebut, BEM Universitas Katolik Darma Cendika Kabinet “Adhika Dharma” mengadakan webinar dengan tema “Public Speaking: How To Be A Good Speaker for Better Career”. Kegiatan ini diadakan pada Kamis, 30 September 2021 lalu secara virtual melalui Zoom.

Pembicara pada webinar kali ini adalah seorang yang memiliki banyak pengalaman berkaitan dengan public speaking yang saat ini juga sedang menjabat sebagai Community Manager SEVIMA, Ilham Dary. Dalam webinar ini, pembicara menyampaikan beberapa tips untuk bisa melakukan public speaking dengan baik.

Tips Jago Public Speaking yang Baik Untuk Pemula

  1. Hyperlocal, menyesuaikan dan mendekatkan diri dengan audience
  2. Self-mastery, terus meningkatkan kemampuan diri
  3. Percaya diri

1. Hyperlocal, menyesuaikan dan mendekatkan diri dengan audience

Tips yang pertama disebut hyperlocal. Artinya seseorang perlu berdiskusi selokal mungkin serta menyesuaikan dan mendekatkan diri dengan audience. Hal ini dilakukan agar komunikasi antara seseorang dan audiencenya bisa cair.

Untuk bisa berdiskusi selokal mungkin, bisa dimulai dengan mencari tahu mengapa acara diadakan, kapan, dimana, siapa pesertanya, apa yang diharapkan dan lain sebagainya.

Menurut pembicara, untuk bisa membaca suasana bisa menggunakan tiga cara berikut yakni menggunakan pola pikir yang serupa, menggunakan bahasa dan pilihan kata yang memiliki kedekatan dengan audiens, terus petik masukan dan jalankan komunikasi secara dua arah.

2. Self-mastery, terus meningkatkan kemampuan diri

Tips yang kedua adalah self-mastery. Seseorang perlu terus meningkatkan kemampuan diri agar dapat memiliki kemampuan public speaking yang baik. Hal ini bisa dilakukan dengan cara meningkatkan kemampuan diri mulai dari hal-hal sederhana. Ketika sedang belajar tentang sesuatu, perlu diusahakan sebaik mungkin.

3. Percaya diri

Tips yang terakhir adalah tetap yakin percaya diri. Menurut pembicara, public speaking adalah sebuah seni bukan ilmu yang pasti. “Apapun yang kita lakukan, itu adalah proses pengembangan diri, tidak selalu sempurna, terkadang salah, terkadang benar, kita pelajari terus-menerus.” ungkapnya.

Menurut pembicara, masih banyak orang mengaitkan public speaking berkaitan dengan orang-orang yang menggunakan jas, dasi, berbicara dengan formal dan lain sebagainya. Padahal sejatinya, public speaking adalah tentang bagaimana seseorang menyesuaikan diri dengan audiencenya. Webinar ini diikuti oleh lebih dari 150 peserta dari Universitas Katolik Darma Cendika dan beberapa kampus lainnya. Kegiatan yang berlangsung selama 1,5 jam berjalan dengan lancar. Peserta nampak antusias, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta kepada pembicara.