OJS Dikti

https://garudacyber.co.id/artikel/1387-panduan-ojs-dikti

Jadi, berdasarkan peraturan yang terdapat pada bagian peraturan kepala LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor 3 Tahun 2014 dan peraturan yang dibuat oleh Dirjen Ristekdikti pada UU Nomor 1 Tahun 2014 yang berbunyi tentang pedoman akreditasi terbitan berkala pada ilmiah yang menjelaskan setiap terbitan ilmiah yang akan dibuat wajib terbit atau diposting secara elektronik. Dan harus adanya kemauan  untuk meningkatkan peringkat Indonesia pada jenjang lembaga pemeringkat dunia. Maka dari itulah, setiap penulis jurnal ilmiah yang akan melakukan menerbitkan artikelnya dituntut untuk mengirim artikelnya melalui sebuah sistem e-publishing. Dan isu yang sedang berkembang pada saat ini adalah menggunakan sebuah alat yang untuk memudahkan dalam mengelola artikel serta penerbitan artikel.

Untuk pengertian mengenai Open Journal System atau bisa disingkat dengan OJS adalah sebuah platform yang akan digunakan dan dijalankan untuk sistem pengelolaan jurnal ilmiah  secara online. Kemudian, OJS tersebut akan memungkinkan pihak yang mengelola jurnal untuk dapat melakukan migrasi atau perpindahan dari sistem pengelolaan yang awalnya offline menjadi online. Kemudian, mulai dari sebuah menu script yang dikirim oleh penulis, lalu dilanjutkan ke proses reviewing, lalu proses tracking dan sebagainya hingga menu script tersebut dapat diterima untuk dilakukan penerbitan dalam sebuah jurnal, dan semua itu bisa dilakukan dengan OJS. Oleh Karena itu, di samping dengan hematnya karena mengandung sifat paperless, sehingga penggunaan OJS sangat cocok untuk ruang lingkup atau kondisi yang dimiliki oleh Negara Indonesia yang secara geografis sangat luas.

Tujuan dibuat-nya OJS di ini adalah untuk mempermudah penulis untuk menerbitkan jurnalnya melalui sistem yang telah dibuat. Dan tujuan adanya panduan OJS tersebut untuk memberikan petunjuk bagi pengguna OJS di Indonesia.

Manajemen jurnal tersebut dibagi menjadi tiga bagian yaitu manajemen, pengguna dan peran.  Pada bagian manajemen memiliki menu – menu yang akan digunakan untuk mengatur sesuatu yang berhubungan atau yang terkait dengan jurnal, seperti :

  • Berkas penelusuran.

Menu yang akan membantu untuk menyelusuri berkas – berkas dalam OJS.

  • Bagian jurnal.

Menu yang digunakan untuk create bagian – bagian jurnal yang akan ditampilkan.

  • Form review.

Pada menu ini yang digunakan untuk membuat sebuah formulir review yang akan menjadi acuan penulis di dalam jurnal.

Untuk mengatur bahasa  yang akan terdapat  di dalam situs jurnal.

  • Dewan redaksi.

Dewan redaksi digunakan untuk membuat daftar dewan redaksi.

  1. Email yang disiapkan.
  2. Alat membaca.

Alat membaca disini maksudnya adalah yang akan digunakan untuk mengatur sebuah item yang terkait atau berhubungan  dengan ilmu jurnal. Menu setup yang akan digunakan untuk mengatur beberapa informasi dan kebijakan jurnal tersebut. Mengatur sistem pembayaran. 

  • Sistem plugin.

Sistem plugin ini adalah yang akan mengatur atau mengkonfigurasi plugin – plugin yang terinstal atau terdapat di dalam OJS.

  • Impor dan ekspor data.

Impor dan ekspor data digunakan untuk membantu proses masuk dan keluarnya data atau membantu melakukan proses masuk keluarnya data yang akan di upload. 

Sedangkan pada pengguna memiliki menu yang akan digunakan untuk mengatur atau mengelola  pendaftaran pengguna, seperti :

  • Pengguna yang terdaftar.

Pada menu pengguna terdapat pada sub menu pengguna yang terdaftar ini digunakan untuk melihat atau mengecek daftar – daftar pengguna yang telah terdaftar.

  • Pendaftaran pengguna situs di jurnal.

Pada menu tersebut akan digunakan untuk melakukan pendaftaran pada sub menu pengguna.

  • Buat pengguna baru.

Untuk menu tersebut digunakan untuk melakukan pembuatan pengguna baru yang akan ditampilkan pada form pendaftaran pengguna baru kedalam jurnal.

  • Gabungkan pengguna.

Menggabungkan pengguna yang memiliki akun lebih dari satu.

Sedangkan pada peran memiliki menu yang digunakan untuk menampilkan daftar pengguna, seperti :

1. Manajer jurnal

Menu manajer jurnal ini digunakan untuk dapat menampilkan tampilan daftar pengguna yang terdaftar  sebagai manajer jurnal.

2. Editor

Untuk menu editor digunakan untuk menampilkan beberapa pengguna yang sangat berperan sebagai editor di dalam jurnal.

3. Penulis

Menampilkan beberapa pengguna yang berperan menjadi sebagai penulis di dalam jurnal.

4. Pembaca

Untuk sub menu pembaca dapat menampilkan tampilan pengguna yang berperan sebagai pembaca pada bagian menu peran tersebut. Maka dari sinilah kita tau, panduan untuk menggunakan OJS dikti.