26
FEB
2019

Pembentukan Karekater Calon Pemimpin yang Melayani Melalui Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah Universitas Katolik Darma Cendika

Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah atau yang lebih dikenal dengan LKMM TM merupakan salah satu kegiatan pembinaan karakter atau pembekalan softskill yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Universitas Katolik Darma Cendika. Kegiatan yang diadakan selama 2 (dua) hari, yakni tanggal 23 – 24 Februari 2019 di Ruang Seminar Gedung Vidya Loka Lt 3 Universitas Katolik Darma Cendika diikuti + 150 mahasiswa mengambil tema “Membentuk Kepemimpinan yang Berkarakter dan Pemimpin yang Siap Melayani (Servant Leadership)”.

LKMM TM merupakan bekal pengetahuan dan keterampilan manajerial untuk mengelola organisasi kemahasiswaan baik tingkat Universitas maupun tingkat Fakultas di Universitas Katolik Darma Cendika. Materi yang disampaikan selama 2 (dua) hari antara lain mengenai wawasan mahasiswa terhadap sistem pemeringkatan kemahasiswaan yang disampaikan langsung oleh Bapak Albertus Daru Dewantoro, S.T., M.T selaku Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni. Beliau juga memaparkan materi mengenai Pengukuran Kinerja Organisasi melalui analisis SWOT. Materi yang tak kalah penting yakni mengenai Klasifikasi Masalah Organisasi disampaikan oleh Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Ibu Martika Dini Syaputri, S.H., M.H.

Agar peserta lebih termotivasi dalam berorganisasi dengan ciri khas Universitas Katolik Darma Cendika, maka peserta juga diberikan materi mengenai Servant Leader. Materi ini dibawakan oleh Bapak Ferry Aryono Koesoemo, S.Psi., M.Si., Psikolog. Materi ini disampaikan karena adanya kegelisahan pada degradasi kepeimpinan pada anak muda sebagai generasi penerus. Oleh karenanya melalui kegiatan pembinaan ini pula peserta dituntut untuk menjunjung nilai core value Universitas Katolik Darma Cendika, yakni menjadi pemimpin yang jujur, peduli dan mempunyai tanggung jawab. Secara garis besar, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan pertama, agar peserta mampu menghidupi core value institusi, yakni menjadi pribadi yang jujur, peduli dan bertanggungjawab sehingga mampu untuk mengambil peran sebagai pemimpin ditengah masyarakat. kedua, eserta mampu berperilaku sesuai dengan standar moral sehingga terciptanya kehidupan yang damai dan sejahtera. Ketiga, Peserta mampu menghargai pluralisme di tengah-tengah masyarakat. Keempat, Peserta memiliki  kecintaan terhadap almamater.