MoU UKDC dengan PT. Tata Rapika Globalindo (PT. TRG)

Rektor Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Direktur PT. Tata Rapika Globalindo (PT. TRG), perusahaan yang bergerak di bidang sheet metal engineering.

Dipandu Kepala  Biro Jaringan Kemitraan (Jarmit) UKDC penandatangan MoU dilakukan di Ruang Yayasan Lt1 , Senin, 3 Februari 2020 yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Kemahasiswaan, Kepala Program Studi Teknik Industri, dan beberapa Dosen Fakultas Teknik UKDC.

Dalam acara ini, Dr. Y. Budi Hermanto, M.M selaku Rektor UKDC  menyambut baik akan MoU ini, terlebih telah dilakukannya 2 kegiatan Prodi Teknik Industri pada tahun 2019 dalam bentuk Studi Ekskursi dan Kerja Praktek mahasiswa Teknik Industri. Kedepan kegiatan bisa lebih dikembangkan dalam bentuk penelitian dan pengabdian masyarakat. Tidak hanya dilaksanakan oleh Prodi Teknik Industri, tetapi juga oleh Prodi lain. Hal ini juga sangat mendukung program Kampus Merdeka yang disampaikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI . Terjadi link and match antara dunia pendidikan dan dunia industri. Dirut PT. Tata Rapika Globalindo Bapak Ir. Hie Tek Un, M.B.A. yang juga peduli dengan dunia pendidikan akan siap berbagi baik dalam sharing knowledge dunia industri serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan kepada mahasiswa . Acara diakhiri dengan kunjungan keliling kampus, melihat ruang kelas, Laboratorium Proses Manufaktur , Laboratorium Komputer dan Gedung Olahraga .

SEMINAR PROPERTY DEVELOPMENT DALAM ERA INDUSTRI 4.O

Program Studi teknik Industri UKDC menyelenggarakan Seminar Property Development dalam Era Industri 4.0 pada Jumat 22 Pebruari 2019 yang dihadiri oleh 150 mahasiswa Manajemen, Akuntansi dan Teknik Industri serta 8 mahasiswa dari ITATS dan Universitas WR Supratman. Acara ini menghadirkan 2 nara sumber yaitu Ir.Sinarto Dharmawan,MBA  Wakil Direktur PT.Intiland dan Drs Jani Rahardjo,PhD dari Universitas Kristen Petra . Seminar dibuka oleh Rektor UKDC,Dr.Y.Budi Hermanto,M.M pada pukul 12.40. Dalam paparannya Bpk Sinarto Dharmawan menjelaskan perkembangan PT.Intiland dan bagaimana saat ini menghadirkan bangunan yang tidak hanya monouse tetapi multi use dan menyediakan space untuk generasi milenial yang identik dengan teknologi digital. Sedang Bpk Jani menyampaikan bahwa pada Era 4.0 ini peran manusia semakin berkurang digantikan oleh mesin dan robot hasil teknologi. Untuk itu mahasiswa harus memiliki skill khusus supaya tetap dapat bersaing di era global. Acara yang

dipandu oleh moderator dari Prodi Teknik Industri UKDC, yaitu bpk Dr.V.Yuardi Risonarto berlangsung aktif dengan adanya diskusi dan Tanya jawab, baik dari mahasiswa maupun dari bapak / ibu dosen .  Semoga seminar ini memeberi wawasan lebih tentang  peluang dan tantangan yang dihaaadapi oleh mahasiswa pada era global saat ini.

Wisuda UKDC 2016

Tanggal 26 November 2016, Unika Darma Cendika Mengadakan Rapat Terbuka Senat Universitas Katolik Darma Cendika Wisuda Sarjana XVIII, acara kali ini diadakan Hotel Santika Surabaya.

Jumlah Wisudawan/wati tahun ini sejumlah : 82 Wisudawan, yang terdiri dari Akuntansi : 44 Wisudawan, Manajemen : 22 Wisudawan, Teknik Industri : 5 Wisudawan, Teknik Arsitek : 3 Wisudawan, Hukum : 8 Wisudawan.

Sama halnya dengan acara wisuda sebelumnya, wisuda ini bertujuan untuk pelepasan mahasiswa/i. Pada tahun ini Unika Darma Cendika Memberikan penghargaan kepada Aloysius Yudo Putranto, S.E. (12116001), sebagai Wisudawan Terbaik. Acara ini juga dimeriahkan oleh team Paduan Suara UKDC Benedicamus Chante.

 

1482315012847

1482315054487

1482315073848

Seminar dan workshop simulasi pengecoran

 

Untuk meningkatkan pemahaman ilmu dan praktik pengecoran bercetakan logam (die casting), Kementrian perindustrian dan perdagangan bekerja sama dengan Universitas Indonesia mengadakan seminar dan workshop tentang penggunaan software simulasi untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas proses die casting. Untuk memperdalam pemahaman dosen-dosen Teknik Industri UKDC, maka UKDC mengirimkan beberapa dosen untuk mengikuti seminar dan workshop yang dilaksanakan tanggal 3-4 November 2016 di Empire Palace Hotel, Surabaya.

Dalam seminar dan workshop tersebut, pembicara menyampaikan mengenai jenis-jenis casting defect yang biasanya muncul dalam proses die casting, berikut cara mengatasi casting defect tersebut dengan menggunakan software simulasi. Di akhir acara, dosen Teknik Industri UKDC berkesempatan menggunakan software dan melakukan simulasi untuk mengurangi cacad produk pada velg mobil yang diproduksi dengan cara die casting.

Kunjungan fakultas teknik ke Milan ceramics

Mahasiswa Prodi Arsitektur dan Teknik Industri mengadakan kunjungan industri ke galeri Milan ceramics pada Kamis, 13 Oktober 2016. Dalam kesempatan ini mahasiswa didampingi oleh Ir. Lusia Ina M.T sebagai dosen Prodi Arsitektur dan Albertus Daru, ST M.T sebagai dosen Prodi Teknik Industri.

Selama kunjungan ini mahasiswa mendapatkan penjelasan mengenai jenis keramik yang diaplikasikan untuk rumah, gedung dan bangunan, cara pembuatan keramik mulai dari bahan baku sampai ke pengujian dan pengontrolan kualitas produk.

14717071_537830623081495_7595444461982438508_n 14708281_537830506414840_814976904457217553_n

 

 

Konsultasi industri: Die casting timah

Untuk membantu industri lokal dalam menghadapi persaingan di era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA), teknik industri UKDC membantu salah satu perusahan yang bergerak di pengecoran timah. Tim konsultasi dari teknik industri UKDC dipimpin oleh Dr.-Ing. Rison yang mempunyai background pendidikan S1 di teknik mesin ITB, S2 dan S3 di teknik metalurgi RWTH Aachen-Jerman, sebuah universitas teknik terbaik di Jerman. Target konsultasi ini adalah meningkatkan kualitas produk coran timah serta melakukan peningkatan efisiensi energi dan biaya di proses peleburan dan pengecoran timah.

 

untitled

Konsultasi industri: Recycling kaleng aluminium

Untuk membantu industri lokal dalam menghadapi persaingan di era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA), teknik industri UKDC membantu salah satu perusahan yang bergerak di recycling kaleng aluminium. Tim konsultasi dari teknik industri UKDC dipimpin oleh Dr.-Ing. Rison yang mempunyai background pendidikan S1 di teknik mesin ITB, S2 dan S3 di teknik metalurgi RWTH Aachen-Jerman, sebuah universitas teknik terbaik di Jerman. Target konsultasi ini adalah meningkatkan kualitas proses recycling aluminium dengan cara pemilihan proses produksi yang tepat dan membutuhkan energi peleburan seminimal mungkin.

Pengenalan kampus mahasiswa baru UKDC

Jika kita berbicara tentang ospek apakah yang terbayang dibenak anda pertama kali? Ospek atau yang kini dikenal dengan nama Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (PKMB) adalah satu kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan seputar kegiatan kampus kepada calon mahasiswa baru. Tetapi masyarakat luas terlanjur memunyai mainset bahwa ospek adalah ajang pembullyan dan perpeloncoan yang dilakukan oleh mahasiswa lama (senior) kepada calon mahasiswa baru (maba). Hal tersebut bukanlah menjadi suatu hal yang baru karena pembullyan dan perpeloncoan tersebut sudah ada sejak jaman dulu dan turun temurun dari waktu ke waktu. Bahkan hal tersebut dapat dikatakan sebagai “tradisi” atau “bumbu pelengkap” dalam menyambut mahasiswa baru disuatu Universitas.

Beberapa surat kabar pernah memaparkan beberapa khasus tentang tradisi ospek yang keras sehingga banyak merenggut nyawa seseorang. Hal itu sangat memprihatinkan dan mendapatkan banyak respon negatif dari masyarakat. Sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan baru perihal tata aturan PKMB dengan menghapuskan “tradisi lama” yang selama ini sudah turun temurun. Dan kebijakan tersebut disambut dengan respon yang sangat baik dari seluruh masyarakat. Setidaknya para wali murid tidak resah ketika akan menyekolahkan putra putri mereka ke jenjang yang lebih tinggi di Universitas.

Berbeda halnya dengan Universitas pada umumnya. Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya (UKDC) mengemas kegiatan PKMB secara unik dan pastinya membuat kesan baik yang melekat pada peserta mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan PKMB pada tahun 2016 ini. Kegiatan PKMB 2016 yang diadakan oleh UKDC diikuti oleh kurang lebih 234 orang calon mahasiswa. Calon mahasiswa tersebut dikelompokkan menjadi 20 kelompok dengan nama kelompok yang diambil dari nama tokoh wayang seperti nakula, sadewa, arjuna, dsb.

 

 

Briefing PKMB tersebut diadakan pada tanggal 19 Agustus 2016. Pada acara breafing tersebut dipaparkan tentang tugas – tugas dan peraturan yang harus dilaksanakan oleh peserta. Tugas yang diberikan juga tidak terlalu memberatkan peserta. Peserta hanya harus membuat Essai dengan tema yang sudah ditentukan oleh panitia, membuat yel – yel, melengkapi buku kreatifitas dan menyiapkan performance untuk malam inagurasi.

Hari pertama PKMB 2016 dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2016. Dihari pertama ini mahasiswa mengikuti sesi tentang Peran Mahasiswa dalam Pencapaian Visi Misi Perguruan Tinggi, Tanggung Jawab Mahasiswa dalam Bidang Akademik. Sesi ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui dan melaksanakan Visi-Misi dari Universitas Katolik Darma Cendika dan agar mahasiswa mampu menjalankan tanggung jawabnya dalam bidang akademik. Selain itu pada hari pertama PKMB 2016 ini mahasiswa baru diperkenalkan tentang berbagai macam biro penting di UKDC seperti Biro Keuangan, Biro Administrasi, Biro Kemahasiswaan, Kampus Ministry, dan Perpustakaan. Setelah itu mahasiswa diberi bekal pengetahuan tentang seputar struktur organisasi kemahasiswaan seperti SMPT (Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi) dan BEM-U (Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas).

Hari kedua dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2016. Berbeda dari hari sebelumnya penyampaian sesi materi pada hari kedua ini dikemas menarik. Pada sesi Hak dan Kewajiban Mahasiswa dalam Bidang Pelayanan Akademik disampaikan dengan metode ceramah yang dibagi menjadi 5 kelas dan masing – masing kelas didampingi oleh pemateri dari Wakil Rektor dan Dosen UKDC. Pada sesi materi Core Valeu UKDC diawali dengan penampilan wayang. Dan yang berperan sebagai dalang adalah Bapak Anas Hidayat, S.T., M.T. selaku dosen Fakultas Teknik Universitas Katolik Darma Cendika. Cerita yang disampaikan memiliki nilai moral yang menarik dan dikemas secara singkat dan mengandung unsur humor yang membuat peserta tertarik untuk terus mengikuti alur ceritanya. Yang tidak kalah menarik lagi dihari kedua ini diadakan Seminar Narkoba dengan tema Optimalisasi Peran Kampus dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. Narasumber pada seminar ini didatangkan langsung perwakilan dari pihak BNN (Badan Narkotika Nasional).

Setelah seharian mendapatkan ilmu dan pengalaman penting, peserta diajak untuk masuk ke ruang – ruang UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di UKDC menurut bakat dan minat dari masing – masing peserta. Peserta sanagat antusias sekali untuk mengetahui 9 UKM yang diadakan di UKDC. Sehingga para pengurus UKM agak kerepotan dalam menyambut para peserta yang jumlahnya diluar perkiraan pengurus UKM tersebut.

31 Agustus 2016 adalah hari terakhir acara PKMB 2016 dilaksanakan. Pada hari terakhir ini masih ada sesi yang tidak kalah penting dari sesi materi pada hari sebelumnya yaitu sesi materi Urgensi Etika Akademik dalam Kehidupan Pendidikan Tinggi dan Pengenalan Fakultas yang akan membahas tentang tata cara pengambilan KRS (Kartu Rencana Studi), pemaparan tentang struktur organisasi fakultas dsb.

Setelah sesi materi tersampaikan, panitia mengadakan kompetisi untuk peserta. Kompetisi ini berupa game pos yang harus dilewati oleh semua peserta. Peserta sangat menikmati setiap pos dengan semangat dan kegembiraan. Pos dalam kegiatan kompetisi ini dibagi menjadi 5 pos. Masing – masing permainan dalam pos ini mengandung pesan moral yang disampaikan. Tidak hanya bermain tapi panitia mengajarkan kepada peserta agar mampu mempraktekan tentang Core Valeu UKDC yaitu peduli, jujur, dan bertanggung jawab. Dan kegiatan pada hari terakhir tersebut ditutup dengan malam inagurasi. Dimalam inagurasi ini masing – masing kelompok menampilkan bakat mereka seperti menyanyi, bermain music, dan membaca puisi. Tidak hanya para peserta yang unjuk kebolehan, panitia acara juga menampilkan satu pertunjukkan yaitu menyanyi. Meskipun sederhana tapi acara PKMB 2016 di Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya ini bermanfaat dan memberikan kenangan tersendiri bagi peserta dan panitia acara tentunya.

Seminar industri kreatif di ITC

Acara tersebut  dimulai pada pukul 12.30. Penampilan dari Paduan Suara sebagai pembuka acara dengan 2 lagu, yaitu Nuansa Bening dan Tak Tontong, kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang dibawakan oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Katolik Darma CendikaUKDCbeserta sambutan dari ketua panitia yaitu Gabriella Katherine. Dalam seminar ini ada 3 pembicara yaitu Dra. Ec. Sunarsih., M.M (Kepala Bidang UMKM Surabaya), Yosephus Widyawan (Pendiri Cak Trans), dan Rizky Rahman (Pemilik Food Truck kopitiam). Seminar tersebut dibawakan oleh Dr. Ing. Victor Yuardi Risonarta., M.Sc, selaku moderator. Peserta seminar ini sebagian besar dari mahasiswa/i UKDC, Siswa/i SMA SeSurabaya, dan Pengunjung ITC Mall Surabaya. Seminar tersebut membahas tentang industry kreatif. Dalam seminar ini para peserta seminar sangat berantusias dalam memberikan pertanyaan kepada para pembicar