Akademik

Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS)

Pengisian KRS dilakukan dengan prosedur sebagai berikut:

  1. Mahasiswa membayar biaya daftar ulang dan SPP melalui rekening Virtual Account di bank yang bekerjasama dengan Universitas.
  2. Biro Administrasi Keuangan (BAK) akan memverifikasi pembayaran biaya daftar ulang dan SPP.
  3. Biro Administrasi Akademik (BAA) akan melakukan pembukaan kunci (unlock) akun Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) mahasiswa.
  4. Mahasiswa melakukan pembaruan profil di SIAKAD (jika ada perubahan data pribadi).
  5. Mahasiswa berkonsultasi ke dosen wali terkait mata kuliah yang akan ditempuh.
  6. Mahasiswa mengisi KRS di SIAKAD.
  7. Dosen Wali validasi KRS mahasiswa di SIAKAD.
  8. Mahasiswa mengikuti kuliah berdasarkan jadwal di SIAKAD

 

Berhenti Studi Sementara (BSS)

  1. BSS adalah tidak melanjutkan studi untuk sementara dan permohonannya diajukan sebelum pengisian KRS semester berikutnya.
  2. Dalam kaitannya dengan evaluasi studi, masa BSS diperhitungkan sebagai masa studi.
  3. Keseluruhan BSS maksimal 2 semester dan tidak boleh berturut-turut.
  4. Mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi/tugas akhir tidak diperkenankan BSS.
  5. Syarat: bebas pinjaman buku perpustakaan maupun peralatan milik Universitas & lunas SPP di semester terakhir sebelum pengajuan BSS.
  6. Mahasiswa wajib mengisi Formulir Rekomendasi BSS dan Formulir Permohonan. (klik tautan formulir)

Jika mahasiswa tidak mengisi KRS dan/atau tidak aktif kuliah tanpa prosedur BSS maka ketika mahasiswa aktif di semester berikutnya WAJIB membayar tagihan semester sebelumnya.

 

Berhenti Studi Tetap (BST)

Mahasiswa dinyatakan BST karena:

  1. Tidak membayar SPP selama 2 semester berturut- turut.
  2. BST karena pindah ke perguruan tinggi lain.
  3. BST atas kehendak sendiri dan bukan untuk mutasi ke perguruan tinggi lain.

Jika mahasiswa BST karena pindah perguruan tinggi atau atas kehendak sendiri, maka wajib mengisi Formulir Rekomendasi BST dan Formulir Permohonan. (klik tautan formulir)

 

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)

Universitas Katolik Darma Cendika sejak Semester Genap Tahun Akademik 2019-2020 telah memindahkan jaringan Sistem Informasi Akademik ke SIAKAD Cloud. Seluruh mahasiswa diminta mengaktivasi akun SIAKAD Cloud dengan username dan password yang telah diinformasikan melalui surat elektronik yang dikirim Fakultas ke masing-masing mahasiswa. Mohon segera melakukan penggantian password setelah berhasil login ke SIAKAD Cloud di http://siakad.ukdc.ac.id.