Sistem Pendidikan

Sistem pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Katolik Darma Cendika menggabungkan antara model pendidikan tinggi hukum sebagai tempat pengembangan ilmu hukum maupun pembentukan ahli hukum yang berkompeten dalam dunia praktik hukum. Oleh karena itu civitas akademika kami dituntut untuk selalu membedah isu-isu mutakhir dari sudut pandang pengembanan hukum secara komprehensif.

Kami juga memiliki prinsip bahwa penerapan hukum tidak dapat lepas dari nilai-nilai keutamaan. Tiga nilai keutamaan yang kami tekankan dalam pendidikan yang diberikan adalah kepedulian, kejujuran, dan bertanggung jawab. Ketiga nilai tersebut senantiasa ditekankan dalam proses perkuliahan agar alumni kami tidak terjebak dalam pragmatisme ketika terjun di dunia profesional.

Selain itu mahasiswa kami berkembang dalam suasana multikultural dan dilindungi oleh prinsip kebebasan akademik dengan didukung sumber daya intelektual yang profesional dan progresif. Oleh karena itu alumni kami dikenal sebagai sarjana hukum yang berpikiran terbuka sembari tetap kritis terhadap berbagai persoalan struktural yang terkait dengan hukum.

Salah satu bentuk dari sikap pemikiran terbuka kami adalah dengan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menganalisis permasalahan hukum secara komprehensif dengan pendekatan interdisipliner. Artinya, permasalahan hukum tersebut dianalisis dari berbagai sudut pandang di luar sistem hukum.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *