SURABAYA, JAWA TIMUR – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Katolik Darma Cendika (BEM FH UKDC) menyelenggarakan Debate Competition 2019 untuk tingkat SMA/sederajat (Sabtu, 27/04/2019). Debate Competition 2019 ini diikuti oleh 12 tim dari SMA yang ada di Jawa Timur.

Debate Competition 2019 menggunakan sistem yang lebih kompetitif dibandingkan tahun sebelumnya, karena 6 tim yang lolos dari fase penyisihan pertama di chamber harus bertanding lagi di dua chamber pada fase penyisihan kedua. Peringkat satu dari masing-masing chamber di fase penyisihan kedua berhak untuk lolos ke babak final.

SMAK St Louis 1 dan SMAK Hendrikus berhasil lolos ke babak final setelah menduduki peringkat satu dalam masing-masing chamber di fase penyisihan kedua. SMAK St Louis 1 beranggotakan Gerardus Wilsen, Cecilia Aldora, dan Sesillia Feodora Yulianto, sedangkan SMAK Hendrikus beranggotakan Vicky Utomo, Gaby Wijaya, dan Andyna Ariani.

Kedua tim beradu argumentasi dengan sengit dalam mosi “rehabilitasi pelaku pedofilia sebagai pengganti sanksi pidana”. Berdasarkan hasil penilaian tujuh juri dengan selisih victory point yang ketat, SMAK St Louis 1 berhasil mengalahkan SMAK Hendrikus.Debate Competition adalah kompetisi debat yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh BEM FH UKDC. Kompetisi ini diselenggarakan untuk melatih kemampuan berpikir analitis dan kritis siswa pada isu-isu hukum, sosial, dan politik kontemporer. (rhs)