SURABAYA, JAWA TIMUR – Mahasiswa FH UKDC kembali meraih prestasi. Kali ini tim penelitian mahasiswa yang beranggotakan Elisabeth Yulia Rana Sinta Dewi, Ella Yolanda Sakerebau, dan Melina Gabrila Winata berhasil meraih hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk skema Penelitian Sosial Humaniora dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Elisabeth bersama timnya meraih hibah PKM Penelitian Sosial Humaniora untuk proposal penelitiannya yang berjudul “Perspektif Gender dalam  Putusan Pengadilan pada Kasus Pelecehan Seksual”. Atas usulannya tersebut, Elisabeth bersama anggota timnya mendapatkan pendanaan penelitian dari Kemenristekdikti untuk Tahun Anggaran 2019.

“Usulan penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya korban pelecehan seksual yang justru mengalami diskriminasi dalam proses hukum. Padahal Indonesia telah memiliki Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Mengadili Perkara Perempuan Berhadapan dengan Hukum”, ujar Elisabeth.

Oleh karena itu Elisabeth, Ella, dan Melina melalui penelitiannya ingin membuka perspektif feminisme dalam peraturan perundang-undangan dan putusan pengadilan sehingga tidak mengabaikan pengalaman perempuan yang menjadi korban pelecehan seksual. Penelitian tersebut akan dilaksanakan selama 5 bulan. Luaran dari penelitian ini adalah artikel ilmiah pada jurnal ilmiah nasional. (rhs)