Kurikulum Program Studi Arsitektur disusun sesuai dengan visi, misi, sasaran dan tujuan dibentuknya Program Studi Arsitektur Unika Darma Cendika yaitu membekali mahasiswa dengan dasar-dasar keilmuan Arsitektur tetapi juga dengan Agama, Sosial, Budaya, Bahasa dan peduli Lingkungan sehingga dihasilkan lulusan yang utuh yaitu mandiri, trampil, bertanggung jawab dan mampu mengembangkan diri dan kewawasan lingkungan. Kurikulum Program Studi Arsitektur mengandung muatan teori yang berdasarkan pengembangan ilmu pengetahuan sebanyak 36,5% dan muatan kuliah praktek sebanyak 63,5 %. Untuk mencapai visi, misi, sasaran dan tujuan tersebut, maka mahasiswa pada Program Studi Arsitektur, diharuskan menyelesaikan sebanyak 145 sks, dalam 8 semester, terdiri dari kelompok :

Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), mengembangkan manusia seutuhnya , diharapkan mahasiswa memiliki pegangan dalam keimanan dan berideologi bangsa, serta pembekalan mahasiswa sebagai sarjana berkenaan dengan masalah sosial, budaya, bahasa, beretika moral dan mempunyai rasa kasih. Alokasi kelompok ini adalah 10 sks, yang meliputi mata kuliah Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Agama dan Etika, Bahasa Inggris.

Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK), memberikan landasan keilmuan dan ketrampilan. Termasuk didalamnya mata kuliah dasar-dasar keahlian, pelatihan motorik, serta perkembangan nalar pola berpikir untuk pengembangan karya arsitektur. Alokasi kelompok mata kuliah ini 36 sks, yang meliputi mata kuliah Asas perencanaan & perancangan Arsitektur, Matematika, Sejarah Perkembangan Arsitektur, Komunikasi Arsitektur dan Auto Cad.

Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKK), menghasilkan tenaga dengan kekaryaan ilmu dan ketrampilan. Termasuk didalamnya mata kuliah utama, yaitu mata kuliah keahlian dalam berkarya Arsitektur dalam perwujudtan bentuk karya arsitektur sesuai dengan indah, kokoh, kuat, memecahkan masalah lingkungan binaan yang dapat memuaskan kebutuhan fisik, emosi, social baik secara induvidu dan bermasyarakat. Alokasi kelompok kuliah ini 89 sks yang meliputi kuliah Merancang Arsitektur (studio) dan Tugas Akhir, Struktur Bangunan dan Teknologi Bahan, Sains Arsitektur dan Lingkungan, Arsitektur Prilaku, Perancangan lingkungan dalam dan lingkungan luar, Mata kuliah Pendalaman yang terdiri dari kelompok pilihan.

Mata kuliah Prilaku Berkarya (MPB), membentuk sikap & prilaku yang diperlukan dalam berkarya. Merupakan mata kuliah yang membentuk mahasiswa arsitektur beretika sesuai dengan profesi arsitektur beserta pengembangannya. Alokasi mata kuliah ini 2 sks, yaitu mata kuliah Etika dan Profesi Arsitektur.

Mata kuliah Berkehidupan Bersama (MBB), memahami kaidah kehidupan bersama. Diharapkan mahasiswa dalam mata kuliah ini dapat berinteraksi dengan keadaan setempat dan berhubungan langsung dengan masyarakat & lingkungan setempat dan berupaya dapat bekerjasama dengan disiplin ilmu lainnya dalam pencapaian karya arsitektur tersebut. Alokasi mata kuliah ini 8 sks yaitu mata kuliah Pranata Pembangunan, Seminar, Pengabdian Masyarakat, Kerja Praktek Lapangan, Desain Proyek Mandiri.