Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya menyelenggarakan program pendidikan tinggi Strata 1 (S1) dengan beban komulatif 146 SKS dan masa studi 8 (delapan) semester.

Inti pengajaran di Jurusan Arsitektur Universitas Katolik Darma Cendika adalah Merancang Arsitektur dengan matakuliah lain sebagai pendukungnya. Pengajaran Merancang Arsitektur di Universitas Katolik Darma Cendika menggunakan konsep “belajar melalui pelatihan” di studio Merancang Arsitektur. Beberapa mata kuliah pendukung antara lain : Struktur Bangunan, Fisika Bangunan, Sejarah Perkembangan Arsitektur, Komunikasi Arsitektur dll.

Sistem Pengajaran di prodi Arsitektur :

1. Perkuliahan Teori : diberikan melalui tatap muka dosen dan mahasiswa dalam kelas

2. Studio Merancang : diberikan setiap semester mulai dari Merancang Arsitektur 1 – 7, yang diakhiri dengan Tugas Akhir. Pada Studio Merancang mahasiswa akan berlatih mendesain dengan diberi studi kasus perancangan yang akan diselesaikan dalam 1 semester dengan dibimbing oleh dosen Merancang. Seorang dosen membimbing kurang lebih 10 mahasiswa.

3. Kuliah Lapangan : mengunjungi berbagai proyek atau bangunan untuk melakukan pengamatan secara langsung di lapangan, dimana obyek kuliah lapangan akan disesuaikan dengan masing-masing mata kuliah.

4. Kuliah Tamu : dengan narasumber mendatangkan para pakar atau praktisi di bidang arsitektur serta presentasi produk dari industri bahan bangunan. Adanya kuliah tamu tersebut dimaksudkan untuk menambah wawasan mahasiswa melalui sharing pengetahuan/pengalaman di luar materi perkuliahan.

Mengikuti perkembangan teknologi, Program Studi Arsitektur Universitas Katolik Darma Cendika juga mengadakan pelatihan menggambar dan merancang dengan komputer (Computer Aided Drafting and Design) di studio CADD. Studio tersebut dilengkapi juga dengan printer untuk mencetak hasil gambar-gambar dengan komputer.

Karena pertimbangan mutu pendidikan maka peserta setiap matakuliah dibatasi jumlah pengikutnya dengan prioritas untuk mahasiswa yang tepat pada semesternya dimana matakuliah tersebut berada.