Peringati Hari Jamban Sedunia, Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Beri Penghargaan Toilet Terbaik di Surabaya

Toilet memiliki peran yang strategis, karena bisa menjadi  cermin yang sebenarnya dari karakter pemilik atau pengelolanya. Demikian juga pada skala kota, pengelolaan toilet umum menjadi cerminan dari bagaimana kota itu ditata dan dikelola. Dalam konteks kota Surabaya, selama ini belum ada pihak yang memperhatikan secara mendetail bagaimana pengelolaan toilet umum di Surabaya.

Oleh karena itu Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Surabaya tergerak untuk berangkat dari hal-hal kecil ini dengan memberi penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada pihak-pihak di dalam lingkup kota Surabaya yang mengelola toilet dengan baik.

Bersama dengan  Pusat Studi  Pengembangan Berkelanjutan /The Center for Sustainable Development Studies (CSDS) Fakultas Teknik,  UKDC menganugerahkan penghargaan kepada lima toilet umum  terbaik di kota Surabaya.  Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Rektor UKDC, Dr. Y. Budi Hermanto, M.M yang dikemas dengan Webinar dan Workshop CSDS dengan mengangkat tema  Kajian tentang Sustainable Development untuk Kepentingan Masyarakat Luas. Kegiatan ini berlangsung di Kampus UKDC Jalan Dr. Ir. H. Soekarno (MERR) 201 Surabaya,  Kamis (19/11).

Web Seminar (Webinar) menghadirkan Opening Speaker Prof. Ir. Johan Silas,  Dosen Prodi Arsitektur UKDC dan ITS sekaligus pakar Pemukiman dan perkotaan serta peduli lingkungan. Sebagai Keynote Speaker Ir Eddy S Soedjono, Dipl, SE, MSc, PhD (dosen ITS Surabaya) Ia akan memaparkan tentang Teknologi Toilet di Indoneisa. Seminar ini terbuka untuk umum dan bisa diakses lewat Zoom dan Live Streaming  Youtube Pusat Studi FT UKDC. 

Dalam kesempatan ini Johan Silas mengapresiasi Pemerintah Kota Surabaya yang telah menyediakan toilet umum dibeberapa sudut kota dan jalan protokol.  Sedangkan Eddy Soedjono mengajak  masyarakat untuk menggunakan istilah jamban bukan kakus atau toilet. Kakus berkonotasi negative sedangkan istilah toilet diambil dari bahasa Prancis.

Ketua The Center for Sustainable Development Studies-FT UKDC, Lasman Parulian Purba, ST, MEng, IPM (Panitia) mengatakan kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Jamban Sedunia/ Hari Peturasan Sedunia/World Toilet Day yang jatuh pada 19 November.

“Penghargaan ini sebagai penyemangat bagi institusi atau organisasi yang  yang mendapat penghargaan, sekaligus sebagai pemacu institusi atau organisasi lain  untuk lebih memperhatikan toilet  yang  ada di lingkungan yang mereka kelola,” jelas Lasman.

Dikatakan Lasman penghargaan toilet bersih ini bukan berupa kompetisi untuk mendapatkan toilet yang paling baik atau bersih, tetapi berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). “Salah satu kriteria penilaian adalah ada  fasilitas penyandang difabel apa tidak,” kata Lasman 

Menurutnya penganugerahan penghargaan ini merupakan yang kali pertama di Surabaya dan akan dilanjutkan oleh UKDC pada  tahun-tahun mendatang pada setiap peringatan Hari Jamban Sedunia.

 Lasman berharap  penghargaan ini menjadi kegiatan yang bermanfaat dan bisa memberi semangat bagi institusi atau perusahaan untuk mengelola toiletnya dengan lebih baik lagi. Kegiatan ini juga menjadi sumbangan dari UKDC untuk kemajuan kota Surabaya.

Lasman berharap  penghargaan ini menjadi kegiatan yang bermanfaat dan bisa memberi semangat bagi institusi atau perusahaan untuk mengelola toiletnya dengan lebih baik lagi. Kegiatan ini juga menjadi sumbangan dari UKDC untuk kemajuan kota Surabaya.

Seperti diketahui Kota Surabaya sudah banyak mendapat penghargaan sebagai jajaran kota terbaik di dunia.  Dengan pengharagan ini akan dapat menambah daya tarik wisatawan untuk datang ke Surabaya. “Tanda pangharagan ini akan dipajang di area toilet. Kami ingin menyampaikan kepada publik inilah toilet terbaik menurut PUPR,” Jelas Lasman. 

Sementara itu Rektor Dr. Y. Budi Hermanto, M.M menuturkan  penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi UKDC tehadap Perintah kota Surabaya yang telah menata kota ini menjadi indah, bersih, dan nyaman. Sehingga Surabaya menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke kota Pahlawan ini. Oleh karena itu perlu dibarengi juga dengan penyediaan fasilitas umum berupa toilet yang bersih dan nyaman. “Ini penting dan perlu menjadi perhatian dan edukasi kepada masyarakat supaya  mereka manjadi nyaman, senang dan bahagia,”ungkap Rektor.

Rektor berharap kebersihan toilet ini menjadi budaya demi menjaga kesehatan kita bersama. Kedepannya lingkup penilaiannya akan diperluas ke sekolah, rumah sakit atau yang lainnya.

PENERIMA PENGHARGAAN 5 TOILET UMUM TERBAIK.

  1. Kantor Pemerintah Kota Surabaya
  2. Grand City Surabaya
  3. Galaxy Mall
  4. Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU)  jalan Demak
  5. Kebun Binatang Surabaya. 
Wiskantara _UKDC

WISKANTARA (Webinar Ketukangan Nusantara)

Edisi perdana “Wiskantara” kerjasama antara Prodi Arsitektur UKDC dan Padepokan Tjap Toekang ini akan diisi perbincangan bersama Eko Prawoto.
.
Eko Prawoto bisa disebut seniman arsitektur. Karya-karyanya sangat kental dengan kepekaan terhadap lingkungan dan kehidupan sekitarnya, logikanya sederhana tetapi dengan penghayatan yang mendalam.
Baginya, arsitek harus bekerja secara “membumi”, untuk bisa menangkap maksud dan kehendak semesta.
.
Pada #wiskantara1 ini Eko Prawoto akan berbagi tentang “arsitektur ketukangan” yang menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan panjang praktik arsitekturnya. Sekaligus menggali hal-hal yang lebih esensial dalam cara kita berarsitektur.
.
Webinar akan diselenggarakan hari Rabu, tanggal 15 Juli 2020, pukul 13.00 wib – selesai.

Pendaftaran (WA Only)
ke nomer:
08113444734 (Josephine)Link google form : https://forms.gle/cWPgWafwWUgJhYzr8

Free.
Tempat Terbatas!

@fakultas.teknik.ukdc
@padepokan_tjaptoekang
.
Acara didukung oleh @demixindonesia dan @jayamulyaroster

HUT RI ke 72

Semua dosen Fakultas Teknik (Arsitektur dan Industri) ikut berpartisipasi dalam memeriahkan HUT RI ke 72. Mengikuti lomba mendekorasi ruang dosen dengan nuansa merah putih. Tema : “kerja bersama, bersama kerja”. Lomba 17 agustusan antar unit kerja fakultas teknik menang juara 2.

 

Wisuda UKDC 2016

Tanggal 26 November 2016, Unika Darma Cendika Mengadakan Rapat Terbuka Senat Universitas Katolik Darma Cendika Wisuda Sarjana XVIII, acara kali ini diadakan Hotel Santika Surabaya.

Jumlah Wisudawan/wati tahun ini sejumlah : 82 Wisudawan, yang terdiri dari Akuntansi : 44 Wisudawan, Manajemen : 22 Wisudawan, Teknik Industri : 5 Wisudawan, Teknik Arsitek : 3 Wisudawan, Hukum : 8 Wisudawan.

Sama halnya dengan acara wisuda sebelumnya, wisuda ini bertujuan untuk pelepasan mahasiswa/i. Pada tahun ini Unika Darma Cendika Memberikan penghargaan kepada Aloysius Yudo Putranto, S.E. (12116001), sebagai Wisudawan Terbaik. Acara ini juga dimeriahkan oleh team Paduan Suara UKDC Benedicamus Chante.

1482315054487

1482315073848

 

Kunjungan fakultas teknik ke Milan ceramics

Mahasiswa Prodi Arsitektur dan Teknik Industri mengadakan kunjungan industri ke galeri Milan ceramics pada Kamis, 13 Oktober 2016. Dalam kesempatan ini mahasiswa didampingi oleh Ir. Lusia Ina M.T sebagai dosen Prodi Arsitektur dan Albertus Daru, ST M.T sebagai dosen Prodi Teknik Industri.

Selama kunjungan ini mahasiswa mendapatkan penjelasan mengenai jenis keramik yang diaplikasikan untuk rumah, gedung dan bangunan, cara pembuatan keramik mulai dari bahan baku sampai ke pengujian dan pengontrolan kualitas produk.

milan

14708281_537830506414840_814976904457217553_n

 

Pengenalan kampus mahasiswa baru UKDC

Jika kita berbicara tentang ospek apakah yang terbayang dibenak anda pertama kali? Ospek atau yang kini dikenal dengan nama Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (PKMB) adalah satu kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan seputar kegiatan kampus kepada calon mahasiswa baru. Tetapi masyarakat luas terlanjur memunyai mainset bahwa ospek adalah ajang pembullyan dan perpeloncoan yang dilakukan oleh mahasiswa lama (senior) kepada calon mahasiswa baru (maba). Hal tersebut bukanlah menjadi suatu hal yang baru karena pembullyan dan perpeloncoan tersebut sudah ada sejak jaman dulu dan turun temurun dari waktu ke waktu. Bahkan hal tersebut dapat dikatakan sebagai “tradisi” atau “bumbu pelengkap” dalam menyambut mahasiswa baru disuatu Universitas.

Beberapa surat kabar pernah memaparkan beberapa khasus tentang tradisi ospek yang keras sehingga banyak merenggut nyawa seseorang. Hal itu sangat memprihatinkan dan mendapatkan banyak respon negatif dari masyarakat. Sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan baru perihal tata aturan PKMB dengan menghapuskan “tradisi lama” yang selama ini sudah turun temurun. Dan kebijakan tersebut disambut dengan respon yang sangat baik dari seluruh masyarakat. Setidaknya para wali murid tidak resah ketika akan menyekolahkan putra putri mereka ke jenjang yang lebih tinggi di Universitas.

Berbeda halnya dengan Universitas pada umumnya. Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya (UKDC) mengemas kegiatan PKMB secara unik dan pastinya membuat kesan baik yang melekat pada peserta mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan PKMB pada tahun 2016 ini. Kegiatan PKMB 2016 yang diadakan oleh UKDC diikuti oleh kurang lebih 234 orang calon mahasiswa. Calon mahasiswa tersebut dikelompokkan menjadi 20 kelompok dengan nama kelompok yang diambil dari nama tokoh wayang seperti nakula, sadewa, arjuna, dsb.

Briefing PKMB tersebut diadakan pada tanggal 19 Agustus 2016. Pada acara breafing tersebut dipaparkan tentang tugas – tugas dan peraturan yang harus dilaksanakan oleh peserta. Tugas yang diberikan juga tidak terlalu memberatkan peserta. Peserta hanya harus membuat Essai dengan tema yang sudah ditentukan oleh panitia, membuat yel – yel, melengkapi buku kreatifitas dan menyiapkan performance untuk malam inagurasi.

Hari pertama PKMB 2016 dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2016. Dihari pertama ini mahasiswa mengikuti sesi tentang Peran Mahasiswa dalam Pencapaian Visi Misi Perguruan Tinggi, Tanggung Jawab Mahasiswa dalam Bidang Akademik. Sesi ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui dan melaksanakan Visi-Misi dari Universitas Katolik Darma Cendika dan agar mahasiswa mampu menjalankan tanggung jawabnya dalam bidang akademik. Selain itu pada hari pertama PKMB 2016 ini mahasiswa baru diperkenalkan tentang berbagai macam biro penting di UKDC seperti Biro Keuangan, Biro Administrasi, Biro Kemahasiswaan, Kampus Ministry, dan Perpustakaan. Setelah itu mahasiswa diberi bekal pengetahuan tentang seputar struktur organisasi kemahasiswaan seperti SMPT (Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi) dan BEM-U (Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas).

 

 

Hari kedua dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2016. Berbeda dari hari sebelumnya penyampaian sesi materi pada hari kedua ini dikemas menarik. Pada sesi Hak dan Kewajiban Mahasiswa dalam Bidang Pelayanan Akademik disampaikan dengan metode ceramah yang dibagi menjadi 5 kelas dan masing – masing kelas didampingi oleh pemateri dari Wakil Rektor dan Dosen UKDC. Pada sesi materi Core Valeu UKDC diawali dengan penampilan wayang. Dan yang berperan sebagai dalang adalah Bapak Anas Hidayat, S.T., M.T. selaku dosen Fakultas Teknik Universitas Katolik Darma Cendika. Cerita yang disampaikan memiliki nilai moral yang menarik dan dikemas secara singkat dan mengandung unsur humor yang membuat peserta tertarik untuk terus mengikuti alur ceritanya. Yang tidak kalah menarik lagi dihari kedua ini diadakan Seminar Narkoba dengan tema Optimalisasi Peran Kampus dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. Narasumber pada seminar ini didatangkan langsung perwakilan dari pihak BNN (Badan Narkotika Nasional).

Setelah seharian mendapatkan ilmu dan pengalaman penting, peserta diajak untuk masuk ke ruang – ruang UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di UKDC menurut bakat dan minat dari masing – masing peserta. Peserta sanagat antusias sekali untuk mengetahui 9 UKM yang diadakan di UKDC. Sehingga para pengurus UKM agak kerepotan dalam menyambut para peserta yang jumlahnya diluar perkiraan pengurus UKM tersebut.

31 Agustus 2016 adalah hari terakhir acara PKMB 2016 dilaksanakan. Pada hari terakhir ini masih ada sesi yang tidak kalah penting dari sesi materi pada hari sebelumnya yaitu sesi materi Urgensi Etika Akademik dalam Kehidupan Pendidikan Tinggi dan Pengenalan Fakultas yang akan membahas tentang tata cara pengambilan KRS (Kartu Rencana Studi), pemaparan tentang struktur organisasi fakultas dsb.

Setelah sesi materi tersampaikan, panitia mengadakan kompetisi untuk peserta. Kompetisi ini berupa game pos yang harus dilewati oleh semua peserta. Peserta sangat menikmati setiap pos dengan semangat dan kegembiraan. Pos dalam kegiatan kompetisi ini dibagi menjadi 5 pos. Masing – masing permainan dalam pos ini mengandung pesan moral yang disampaikan. Tidak hanya bermain tapi panitia mengajarkan kepada peserta agar mampu mempraktekan tentang Core Valeu UKDC yaitu peduli, jujur, dan bertanggung jawab. Dan kegiatan pada hari terakhir tersebut ditutup dengan malam inagurasi. Dimalam inagurasi ini masing – masing kelompok menampilkan bakat mereka seperti menyanyi, bermain music, dan membaca puisi. Tidak hanya para peserta yang unjuk kebolehan, panitia acara juga menampilkan satu pertunjukkan yaitu menyanyi. Meskipun sederhana tapi acara PKMB 2016 di Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya ini bermanfaat dan memberikan kenangan tersendiri bagi peserta dan panitia acara tentunya.

Building good character with confidence

Jumat 13 Mei 2016 bertempat di R106, BEM FT UKDC mengadakan seminar dengan tema “Building good character with confidence” .