Wisuda UKDC 2016

Tanggal 26 November 2016, Unika Darma Cendika Mengadakan Rapat Terbuka Senat Universitas Katolik Darma Cendika Wisuda Sarjana XVIII, acara kali ini diadakan Hotel Santika Surabaya.

Jumlah Wisudawan/wati tahun ini sejumlah : 82 Wisudawan, yang terdiri dari Akuntansi : 44 Wisudawan, Manajemen : 22 Wisudawan, Teknik Industri : 5 Wisudawan, Teknik Arsitek : 3 Wisudawan, Hukum : 8 Wisudawan.

Sama halnya dengan acara wisuda sebelumnya, wisuda ini bertujuan untuk pelepasan mahasiswa/i. Pada tahun ini Unika Darma Cendika Memberikan penghargaan kepada Aloysius Yudo Putranto, S.E. (12116001), sebagai Wisudawan Terbaik. Acara ini juga dimeriahkan oleh team Paduan Suara UKDC Benedicamus Chante.

1482315054487

1482315073848

 

Kunjungan fakultas teknik ke Milan ceramics

Mahasiswa Prodi Arsitektur dan Teknik Industri mengadakan kunjungan industri ke galeri Milan ceramics pada Kamis, 13 Oktober 2016. Dalam kesempatan ini mahasiswa didampingi oleh Ir. Lusia Ina M.T sebagai dosen Prodi Arsitektur dan Albertus Daru, ST M.T sebagai dosen Prodi Teknik Industri.

Selama kunjungan ini mahasiswa mendapatkan penjelasan mengenai jenis keramik yang diaplikasikan untuk rumah, gedung dan bangunan, cara pembuatan keramik mulai dari bahan baku sampai ke pengujian dan pengontrolan kualitas produk.

milan

14708281_537830506414840_814976904457217553_n

 

Pengenalan kampus mahasiswa baru UKDC

Jika kita berbicara tentang ospek apakah yang terbayang dibenak anda pertama kali? Ospek atau yang kini dikenal dengan nama Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (PKMB) adalah satu kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan seputar kegiatan kampus kepada calon mahasiswa baru. Tetapi masyarakat luas terlanjur memunyai mainset bahwa ospek adalah ajang pembullyan dan perpeloncoan yang dilakukan oleh mahasiswa lama (senior) kepada calon mahasiswa baru (maba). Hal tersebut bukanlah menjadi suatu hal yang baru karena pembullyan dan perpeloncoan tersebut sudah ada sejak jaman dulu dan turun temurun dari waktu ke waktu. Bahkan hal tersebut dapat dikatakan sebagai “tradisi” atau “bumbu pelengkap” dalam menyambut mahasiswa baru disuatu Universitas.

Beberapa surat kabar pernah memaparkan beberapa khasus tentang tradisi ospek yang keras sehingga banyak merenggut nyawa seseorang. Hal itu sangat memprihatinkan dan mendapatkan banyak respon negatif dari masyarakat. Sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan baru perihal tata aturan PKMB dengan menghapuskan “tradisi lama” yang selama ini sudah turun temurun. Dan kebijakan tersebut disambut dengan respon yang sangat baik dari seluruh masyarakat. Setidaknya para wali murid tidak resah ketika akan menyekolahkan putra putri mereka ke jenjang yang lebih tinggi di Universitas.

Berbeda halnya dengan Universitas pada umumnya. Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya (UKDC) mengemas kegiatan PKMB secara unik dan pastinya membuat kesan baik yang melekat pada peserta mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan PKMB pada tahun 2016 ini. Kegiatan PKMB 2016 yang diadakan oleh UKDC diikuti oleh kurang lebih 234 orang calon mahasiswa. Calon mahasiswa tersebut dikelompokkan menjadi 20 kelompok dengan nama kelompok yang diambil dari nama tokoh wayang seperti nakula, sadewa, arjuna, dsb.

Briefing PKMB tersebut diadakan pada tanggal 19 Agustus 2016. Pada acara breafing tersebut dipaparkan tentang tugas – tugas dan peraturan yang harus dilaksanakan oleh peserta. Tugas yang diberikan juga tidak terlalu memberatkan peserta. Peserta hanya harus membuat Essai dengan tema yang sudah ditentukan oleh panitia, membuat yel – yel, melengkapi buku kreatifitas dan menyiapkan performance untuk malam inagurasi.

Hari pertama PKMB 2016 dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2016. Dihari pertama ini mahasiswa mengikuti sesi tentang Peran Mahasiswa dalam Pencapaian Visi Misi Perguruan Tinggi, Tanggung Jawab Mahasiswa dalam Bidang Akademik. Sesi ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui dan melaksanakan Visi-Misi dari Universitas Katolik Darma Cendika dan agar mahasiswa mampu menjalankan tanggung jawabnya dalam bidang akademik. Selain itu pada hari pertama PKMB 2016 ini mahasiswa baru diperkenalkan tentang berbagai macam biro penting di UKDC seperti Biro Keuangan, Biro Administrasi, Biro Kemahasiswaan, Kampus Ministry, dan Perpustakaan. Setelah itu mahasiswa diberi bekal pengetahuan tentang seputar struktur organisasi kemahasiswaan seperti SMPT (Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi) dan BEM-U (Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas).

 

 

Hari kedua dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2016. Berbeda dari hari sebelumnya penyampaian sesi materi pada hari kedua ini dikemas menarik. Pada sesi Hak dan Kewajiban Mahasiswa dalam Bidang Pelayanan Akademik disampaikan dengan metode ceramah yang dibagi menjadi 5 kelas dan masing – masing kelas didampingi oleh pemateri dari Wakil Rektor dan Dosen UKDC. Pada sesi materi Core Valeu UKDC diawali dengan penampilan wayang. Dan yang berperan sebagai dalang adalah Bapak Anas Hidayat, S.T., M.T. selaku dosen Fakultas Teknik Universitas Katolik Darma Cendika. Cerita yang disampaikan memiliki nilai moral yang menarik dan dikemas secara singkat dan mengandung unsur humor yang membuat peserta tertarik untuk terus mengikuti alur ceritanya. Yang tidak kalah menarik lagi dihari kedua ini diadakan Seminar Narkoba dengan tema Optimalisasi Peran Kampus dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. Narasumber pada seminar ini didatangkan langsung perwakilan dari pihak BNN (Badan Narkotika Nasional).

Setelah seharian mendapatkan ilmu dan pengalaman penting, peserta diajak untuk masuk ke ruang – ruang UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di UKDC menurut bakat dan minat dari masing – masing peserta. Peserta sanagat antusias sekali untuk mengetahui 9 UKM yang diadakan di UKDC. Sehingga para pengurus UKM agak kerepotan dalam menyambut para peserta yang jumlahnya diluar perkiraan pengurus UKM tersebut.

31 Agustus 2016 adalah hari terakhir acara PKMB 2016 dilaksanakan. Pada hari terakhir ini masih ada sesi yang tidak kalah penting dari sesi materi pada hari sebelumnya yaitu sesi materi Urgensi Etika Akademik dalam Kehidupan Pendidikan Tinggi dan Pengenalan Fakultas yang akan membahas tentang tata cara pengambilan KRS (Kartu Rencana Studi), pemaparan tentang struktur organisasi fakultas dsb.

Setelah sesi materi tersampaikan, panitia mengadakan kompetisi untuk peserta. Kompetisi ini berupa game pos yang harus dilewati oleh semua peserta. Peserta sangat menikmati setiap pos dengan semangat dan kegembiraan. Pos dalam kegiatan kompetisi ini dibagi menjadi 5 pos. Masing – masing permainan dalam pos ini mengandung pesan moral yang disampaikan. Tidak hanya bermain tapi panitia mengajarkan kepada peserta agar mampu mempraktekan tentang Core Valeu UKDC yaitu peduli, jujur, dan bertanggung jawab. Dan kegiatan pada hari terakhir tersebut ditutup dengan malam inagurasi. Dimalam inagurasi ini masing – masing kelompok menampilkan bakat mereka seperti menyanyi, bermain music, dan membaca puisi. Tidak hanya para peserta yang unjuk kebolehan, panitia acara juga menampilkan satu pertunjukkan yaitu menyanyi. Meskipun sederhana tapi acara PKMB 2016 di Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya ini bermanfaat dan memberikan kenangan tersendiri bagi peserta dan panitia acara tentunya.

Building good character with confidence

Jumat 13 Mei 2016 bertempat di R106, BEM FT UKDC mengadakan seminar dengan tema “Building good character with confidence” .

 

Kunjungan dosen FT ke Selamat Pagi Indonesia

Tim dosen FT berkunjung  ke SMU Selamat Pagi Indonesia pada 20 Maret 2016. Acara ini bertujuan  memperkenalkan Fakultas Teknik dan melihat secara langsung proses pembelajaran yang dilakukan di SMU Selamat Pagi Indonesia. Bekal Enterpreneurship diberikan kepada siswa/i yang berasal dari keluarga tidak mampu dari seluruh Indonesia. Banyak sekali karya siswa/i yang terlihat di sana. Proses transformasi yang dialami oleh siswa/i itulah  yang ingin ditularkan kepada mahasiswa/i UKDC.

Tim UKDC raih juara 2 lomba narasi ilmiah dan model sosialisasi

Mahasiswa arsitektur UKDC berhasil meraih Juara II, narasi ilmiah dan model sosialisasi memperingati hari Air yang diadakan oleh BAFI (Bambusa Forest Indonesia) yang diikuti oleh 19 tim mahasiswa dan beberapa siswa/i SMA Surabaya dan Sidoarjo. Acara yang  dimulai dengan penyusuran sungai brantas dari Kkarah – pertengahan sepanjang  pada 18-19 Maret 2016 dilanjutkan dengan penulisan naskah narasi 19-31 Maret. Pengumuman pemenang lomba pada 2 April 2016 di Graha Bhayangkara Surabaya. Diawali dengan workshop oleh perwakilan jasa tirta I, pihak BAFI, dan BBWS Brantas dan diskusi dengan peserta lomba.

Kunjungan arsitektur ke Filipina

Sebagai bentuk kelanjutan kerja sama antara Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) dengan University of Santo Tomas (UST), Manila – Filipina, dosen dari prodi teknik industri dan arsitektur UKDC mengadakan kunjungan ke kampus UST di Manila – Filipina pada tanggal 15-20 Februari 2016. Dalam kunjungan tersebut dibahas mengenai kerja sama riset antar kedua universitas, perbandingan cara dan metodologi mengajar, perbandingan kurikulum. Dalam kunjungan kali ini, UKDC diwakili oleh Ir. Theresia Ratna Darmiwati, M.MT dari prodi arsitektur dan Dr.-Ing. Victor Yuardi Risonarta, S.T. M.Sc. dari prodi teknik industri.

Dalam kesempatan kali ini Ir. Theresia Ratna Darmiwati, M.MT juga memberikan kuliah tamu kepada mahasiswa Arsitektur UST dengan judul “Design and placement of shared space outside of the building in related to the culture and behaviour of inhabitants: A study case for low-income appartment”

Seminar nasional FT: Siapkah SDM kita menghadapi MEA?

Tahun 2016 telah berlaku Masyarakat Ekonomi ASEAN, semua negara anggota ASEAN harus mampu mempersiapkan diri masing-masing tidak terkecuali Indonesia. Indonesia adalah negara dengan jumlah populasi terbesar di ASEAN. Kesiapan tenaja kerja merupakan hal yang sangat penting bagi Indonesia agar tidak menjadi pasar bagi negara lain.Untuk menyikapi hal tersebut Fakultas Teknik Universitas Katolik Darma Cendika bekerja sama dengan Forum Masyarakat Cinta Damai Jawa Timur (FORMACIDA JATIM) mengadakan Seminar Nasional dengan tema “Peluang Dan Tantangan Sumber Daya Manusia Indonesia Di Berbagai Sektor Pembangunan Dan Pasar Tenaga Kerja Di Pasar Ekonomi ASEAN” bertujuan membahas mengenai kesiapan sumber daya manusia Indonesia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi yang akan dilaksanakan pada Jumat, 29 Januari 2016. Seminar nasional ini menghadirkan 3 pembicara yaitu Prof. Dr. K.R.M.T. John Tondowidjojo, CM (pakar komunikasi dari Universitas Bhayangkara – Surabaya), Ir. Paulus Sugeng (CEO PT Trias Sentosa Tbk), dan Dr.-Ing Victor Yuardi Risonarta, S.T. M.Sc. (Teknik Industri UKDC).

Dalam kesempatan kali ini timbul kekuatiran mengenai kesiapan SDM Indonesia dalam menghadapi pasar bebas ASEAN. Indonesia memiliki jumlah populasi tertinggi dan jumlah tenaga kerja yang tinggi pula untuk kawasan Asia Tenggara. Namun sayangnya jumlah kesempatan kerja di Indonesia belum dapat menampung semua tenaga kerja. Sehingga hal tersebut menimbulkan banyaknya jumlah pengangguran di indonesia. Dengan adanya MEA, akan memberikan dampak positif maupun dampak negatif bagi negara. Dampak positifnya adalah masuknya investasi asing dan akan membuka lapangan pekerjaan baru. Sedangkan dampak negatifnya salah satunya adalah masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia sehingga akan membuat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin lebih ketat. Oleh karena itu dibutuhkan kesiapan Indonesia terutama dalam bidang ketenagakerjaan agar dapat bersaing dengan negara lain.