Banking Finance Festival Tahun 2018

Mahasiswa Prodi Akuntansi angkatan 2015/2016 berhasil memperoleh Juara III Lomba Simulasi dan Pasar Modal Tingkat Mahasiswa dalam acara Banking Finance Festival Tahun 2018 pada tanggal 25 Maret 2018. Tim tersebut terdiri dari :

  1. Sundari (15126014)
  2. Maylani (15126001)
  3. Sonny Saventio Ong (15120010)

Dengan mahasiswa mengikuti perlombaan dalam segi akademika, diharapkan mampu memberikan semangat kepada mahasiswa angkatan di bawahnya untuk semangat mengikuti kegiatan dalam bentuk perlombaan essay, perlombaan papper, debat, diskusi di tingkat Regional dan Nasional.  Selain menumbuhkan seamngat akademik, juga mengasah kemampuan serta insting mahasiswa dalam bidang manajemen investasi. Tindakan apa yang harus mereka lakukan ketika harga saham naik atau harga saham turun dengan transaksi yang rutin tanpa mengesampingkan posisi aktiva perusahaan.

Mahasiswa Prodi Akuntansi angkatan 2016/2017 ikut berpartisipasi dalam kegiatanyang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) STIE Perbanas Surabaya tingkat Nasional bernama Competition of Accounting (COMPAC) 2018 pada tanggal 25 Maret 2018. Kegiatan tersebut bertempat di Kampus 2, Jalan Wonorejo Utara 16 Rungkut Surabaya. Tim prodi Akuntansi yang mengikuti perlombaan ini yaitu :

  1. Reynaldi Genta Dewangga (16120015)
  2. Aurelius Kreszen Tjandra (16120018)
  3. Nistia Fatma Wandita (16120022)

Sebelum memulai tahap kompetisi, Tim mengikuti Seminar Nasional yang berkaitan dengan PSAK no . 71. Meskipun Tim belum bisa mencapai tahap Final, namun mereka sudah melewati dua tahap, pertama setiap tim mengerjakan soal-soal Akuntansi secara individu dan kelompok. Dua tahapan tersebut mampu mengasah mahasiswa semester awal untuk lebih memeprdalam materi akuntansi, pajak, audit, analisa lapororan keuangan, sistem pengendalian manajemen, akuntansi biaya dan akuntansi manajemen. Tim telah didukung dengan sepenuh hati oleh dosen-dosen Prodi Akuntansi dalam mempersiapkan setiap sesi kegiatan.

Rekoleksi Dosen dan Karyawan UKDC

rekoleksi Dosen, Karyawan

Suasana kekeluargaan saat rekoleksi Dosen, Karyawan dan Penggiat UKDC baik dari Fakultas Ekonomi, Hukum dan Teknik, pada hari Selasa, 4 Juli 2017 bertempat di Trawas – Mojokerto, mengingatkan terutama bagi para dosen untuk mengambil hikmah agar :

  1. Menentukan Prioritas kita
  2. Dapat memberi buah, menanamkan pemikiran yang diperbarui
  3. Setiap hari melakukan perenungan yang sudah dikerjakan, jika memang belum berhasil harus diperbaiki dan yang sudah bagus tetap dipertahankan
  4. Memiliki nilai tambah dan etika moral yang baik bagi mahasiswa, sehingga dapat menjadi teladan baik di keluarga, sosial dan lingkungan mereka
  5. Menjadi teladan dan senantiasa ingat bahwa sebagai pemimpin, kita wajib melayani dan bukan dilayani
  6. Dalam hidup manusia ada 3 kemungkinan : (1) Antara Pikiran dan kehendak sudah seimbang, dalam arti sama-sama baik, sehingga menghasilkan tindakan yang baik; (2) Pikiran baik tetapi kehendaknya tidak baik; sehingga menghasilkan tindakan yang tidak baik;serta (3) Baik pikiran dan kehendak sama-sama tidak baik, sehingga menghasilkan tindakan yang tidak baik.

Dapat disimpulkan bahwa kita harus mengutamakan pikiran yang baik, agar tindakan yang dihasilkan juga baik.

Pertemuan 23 Juni 2017 Dengan Drs. IGN HERI

PERTEMUAN 23 Juni 2017 Dengan Drs. IGN HERI

Pertemuan dosen Fakultas Ekonomi dari Prodi Akuntansi dan Manajemen dengan Drs. Ign. Heri S.W., MM, dari SJI International – Singapore berjalan dengan baik. Peserta yang hadir diingatkan kembali untuk berani dan memperbanyak pembuatan jurnal Internasional. Sebagai Dosen, perlu memanfaatkan Networking, Benchmark dengan Universitas lain, serta mengadakan simposium. Tidak cukup itu saja, namun perlu adanya follow up dan pendampingan sampai jurnal tersebut terkirim. Hal itu tentunya akan lebih efektif jika disertai dengan pertemuan rutin khusus membahas jurnal penelitian, dan menentukan target jurnal yang harus dikirimkan.

Selamat dan sukses buat Ibu Maria Widyastuti memperoleh gelar Doktor Ilmu Manajemen

Selamat dan sukses buat ibu Dekan Maria Widyastuti yang pada akhirnya memperoleh gelar Doktor Ilmu Manajemen pada tanggal 8 Juni 2017. Sungguh bukanlah suatu perjuangan yang mudah untuk mencapainya. Namun berkat kegigihan dan kerja keras, di tengah tanggung jawab dan kesibukannya sebagai Dekan, maupun Dosen, akhirnya jerih lelah beliau tidak sia-sia. Berkat dukungan suami tercinta, keluarga dan juga keluarga besar Unika Darma Cendika, terutama Romo Budi yang mendukung dalam doa dan dana, akhirnya ibu Maria menyelesaikan studi S3 di STIESIA, Surabaya. Continue reading “Selamat dan sukses buat Ibu Maria Widyastuti memperoleh gelar Doktor Ilmu Manajemen”

Koleksi terbaru e-book prodi akuntansi UKDC

Untuk meningkatkan kegiatan akademik di lingkungan prodi akuntansi UKDC seperti pembuatan power point kuliah, pengadaan buku ajar/kuliah, pembuatan laporan kerja praktek dan pembuatan laporan skripsi, maka Perpustakaan UKDC telah menambah sekitar 3500 koleksi E-book terbitan tahun 2010-2015. Dengan ini diharapkan agar mahasiswa, dosen dan karyawan UKDC dapat mengurangi biaya pembelian buku dengan memanfaatkan koleksi baru Perpustakaan UKDC.

 

E-book-UKDC-1

E-book-UKDC-2

Bakti Sosial Pengobatan Umum Gratis

Fakultas Ekonomi UKDC bersama Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA), Fakultas Farmasi Universitas Surabaya dan Lions Club Surabaya mengadakan bakti sosial bagi warga yang kurang mampu. Bakti social yang diadakan tanggal 12 April 2015 ini berlangsung meriah dan dihadiri oleh sekitar 100 warga. Setelah diadakan pemeriksaan gratis, warga kemudian juga diberikan pengobatan gratis.

Menurut Jeanne yang mewakili ISKA, bakti sosial ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan setiap tahun sebagai wujud kepedulian terhadap warga sekitar kampus. Dengan demikian, keberadaan kampus UKDC akan memberikan manfaat bagi warga sekitar. Dengan demikian diharapkan agar warga sekitar kampus dapat ikut mempunyai rasa memiliki kampus dan mendukung keberadaan dan kegiatan kampus UKDC.

Seminar Nasional “Sosialisasi Sertifikasi Bidang Perbankan”

Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi – Lembaga Keuangan Mikro Certif mengadakan Seminar Nasional yang bertema “Sosialisasi Sertifikasi Bidang Perbankan” tersebut dihadiri 10 Dosen dan 70 mahasiswa. Jumat, 6 Maret 2015 pukul 18.30-21.00 WIB di Ruang 106 UKDC. Dengan narasumber Dr. Soni Harsono, M.M., FX. Soegeng Notodihardjo, S.E.,  I. Nyoman Yudiarsa.

UntitledUntitled4Untitled5Untitled3Untitled2

Omah Buku UKDC

Dalam arti tradisional, perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.
Tetapi, dengan koleksi dan penemuan media baru selain buku untuk menyimpan informasi, banyak perpustakaan kini juga merupakan tempat penimpanan dan/atau akses ke map, cetak atau hasil senilainnya, mikrofilm, mikrofiche, tape audio, CD, LP, tape video dan DVD, dan menyediakan fasilitas umum untuk mengakses gudang data CD-ROM dan internet.

Perpustakaan UKDC Terbaru

Full Wifi