SEBAGAI UNIVERSITAS YANG TERDAMPAK COVID-19, UKDC TURUT SERTA MEMBAGIKAN TANGGUNGJAWAB PERGURUAN TINGGI KEPADA MAHASISWANYA

Kota Surabaya merupakan salah satu kota metropolitan yang memiliki jumlah kasus terpapar COVID-19 yang cukup tinggi di Indonesia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika, berbagai sektor kehidupan manusia di Kota Surabaya terdampak dengan adanya COVID-19. Salah satu satu sektor yang terdampak adalah sektor Pendidikan. Di saat pandemi, dunia Pendidikan di Indonesia diminta untuk beralih dari cara konvensional dalam pembelajaran ke cara digital. Perubahan proses pembelajaran dari konvensional ke daring tentu bukan perkara yang mudah bagi Pendidikan di Indonesia. Ada berbagai tantangan dan kendala dari pembelajaran yang dilakukan secara daring.

Perguruan Tinggi sebagai salah satu bagian dalam sektor pendidikan di Indonesia turut mengalami tantangan yang sama seperti jenjang pendidikan lainnya. Setiap Perguruan Tinggi diminta untuk dapat memberikan pembelajaran dan pendidikan secara daring. Proses pembelajaran dan pendidikan daring untuk Perguruan Tinggi, tidak selalu berjalan lancar. Ada berbagai kendala, mulai dari kesiapan para tenaga pengajar dalam memberikan materi pembelajaran secara daring, kesiapan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran daring, dan fasilitas.

Sebagai Universitas yang memiliki core value Jujur, Peduli, dan Tanggungjawab, Universitas Katolik Darma Cendika juga turut serta dalam melakukan pembagian subsidi pulsa kepada mahasiswa, dan menyediakan platform untuk pembelajaran yang dilakukan secara Daring.

Pada hari Jumat 28 Agustus 2020 telah diadakan webinar Tanggungjawab Perguruan Tinggi pada masa pandemi 2020 melalui platform zoom. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 180 mahasiswa yang merupakan peserta dari kegiatan Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru di Universitas Katolik Darma Cendika. Tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut adalah untuk mensosialisasikan bahwa Universitas Katolik Darma Cendika juga turut andil dalam memberikan tanggungjawab sebagai Perguruan Tinggi kepada anak didik yang dinaungi.

“Seperti Gembala yang menggembalakan domba-dombanya, berapapun domba yang dimiliki, gembala tetap menjalankan tugasnya. Sama seperti Universitas Katolik Darma Cendika dalam memberikan tanggungjawab pada masa pandemi ke mahasiswa baru maupun yang sedang menempuh Pendidikan disini” Ucap bapak Albertus Daru Dewantoro selaku Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni.

Penulis: Patricia Yulinda Dewi Palemita Mahasiswa Akuntansi, UKDC