GENERASI MILENIAL UKDC SIAP PERANGI NARKOBA

Narkoba merupakan salah satu momok yang tidak hanya dihadapi oleh negara tertentu, melainkan seluruh duniapun ikut berperang melawan masalah tersebut.

Sebagian besar dari kita hanya mengerti bahwa narkoba berbahaya, namun kerapkali masyarakat belum memahami dampak buruk yang ditimbulkan dari Narkoba. Hal yang sering kita dengar ketika mengikuti seminar tentang narkoba tidak jauh dari kata kecanduan, penyakit, perusak masadepan, penghancur masa muda dan lain lain. Meskipun demikian, tidak semua orang mengerti akan apa yang terjadi sesungguhunya.

Kamis, 27 Agustus 2020 UKDC mengadakan webinar tentang narkoba dengan judul “Perangi Narkoba adalan Tanggung Jawab Generasi Milenial” yang dibawakan oleh Ibu Stafriane Jeanife Adelaine, B, S.Psi. Webinar ini dilaksanakan pada acara Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru(PKMB) yang diikuti oleh 180 peserta.  

Dalam webinar ini, Ibu Stafriane mengatakan bahwa  generasi muda adalah sasaran empuk untuk penyebarluasan narkoba.  Terlebih dengan rasa keingintahuan yang tinggi, membuat generasi muda semakin mudah untuk terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Selain itu, beliu juga memberikan informasi bahwa tidak hanya kalangan biasa yang terjangkit penyalahgunaan narkoba. Aparat kepolisianpun juga banyak yang terlibat dan bahkan menjadi oknum penyebarluasan narkoba.  Penyalahgunaan narkoba menjadi pemicu banyak terjadinya kejahatan yang beragam, dimana tidak hanya berdampak buruk bagi pihak penggunanya melainkan juga bagi kelangsungan hidup bangsa. Hingga saat ini penyalahgunaan narkoba masih sangat sulit dihentikan karena penyebarannya yang semakin luas tanpa memandang usia, strata sosial maupun ekonomi.

Ketika seseorang telah terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba, fungsi sistem tubuh dan syaraf pusat sudah tidak bekerja dengan baik, bahkan jika terjadi overdosis akan menyebabkan kematian.  Selain merusak fungsi tubuh, efek dari penggunaan narkoba adalah meningkatkan kegairahan dan juga halusinasi. Untuk menghindari hal-hal seperti itu, maka sangat perlu dilakukan penyuluhan tentang narkoba sejak dini dan harus terus menerus diperbarui. Jadi, jangan sampai kita bosan untuk mendapat pengetahuan tentang narkoba demi kebaikan penerus bangsa.

Dalam webinar ini, Ibu Safriane juga menyampaikan harapannya untuk generasi millenial, terutama untuk mahasiswa/i baru UKDC supaya memiliki komitmen untuk menolak narkoba, mampu memberdayakan kegiatan alternative di waktu luang, menjadi pemuda dan anggota masyarakat yang peduli terhadap perubahan lingkungan, menjadikan media sosial sebagai tempat pencegahan penyalahgunaan narkoba, dan adanya kepedulian untuk menjangkau rehabilitasi narkoba serta mampu menyelesaikan permasalahan pribadi dengan hal yang positif.

SELALU INGAT “REHABILITASI LEBIH BAIK DARIPADA DIPENJARA, NAMUN MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA DI-REHABILITASI”