Home » Berita » Cegah Banjir Terjadi, Mahasiswa UKDC Surabaya Perbaiki Saluran Pembuangan di Bratang Lapangan

Cegah Banjir Terjadi, Mahasiswa UKDC Surabaya Perbaiki Saluran Pembuangan di Bratang Lapangan

Mahasiswa UKDC Surabaya melakukan perbaikan saluran pembuangan air di kampung Bratang, Lapangan, Surabaya.

SURYA.co.id | Permasalahan saluran pembuangan yang berpotensi menyebabkan banjir, sangat sering dijumpai terjadi di lingkungan sekitar.

Salah satu penyebab terjadinya masalah dalam saluran pembuangan yang paling sering terjadi adalah menumpuknya sampah.

Hal ini seperti terjadi di kawasan kampung Bratang Lapangan, Surabaya. Di sini, banjir menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi warga. 

Berangkat dari permasalahan tersebut, mahasiswa Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Surabaya berinisiatif melakukan perbaikan saluran pembuangan. 

“Saluran pembuangan ini harus sesegera mungkin diperbaiki agar tidak semakin parah dan menimbulkan banyak kerugian pada masyarakat,” kata Rafael Alvianto, ketua tim KKN UKDC Surabaya. 

“Kami langsung melakukan wawancara pada warga setempat dan benar memang dari situlah (sampah di saluran pembuangan) banjir berasal,” sambungnya.

Kami melakukan pembetulan saluran air pembuangan mulai dari pembangunan ulang saluran pembuangan agar aliran air berjalan lancar dan juga membersihkan saluran tersebut dari endapan endapan sampah.

Dengan diperbaikinya saluran pembuangan tersebut diharapkan warga tidak lagi membuang sampah di saluran pembuangan dan menjaga lingkungan saluran pembuangan tetap bersih.

Selain melakukan perbaikan pada saluran pembuangan, Tim Pengabdian Masyarakat UKDC juga melakukan pengecatan pada kampung tersebut sehingga kampung tersebut menjadi lebih cantik. Kegiatan ini juga melibatkan warga. 

Sutrisno, ketua RT 11/RW.06 Kelurahan Ngagel Rejo mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Katolik Darma Cendika yang telah membantu membenahi kampungnya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Penulis  : Rafael Alvianto, mahasiswa UKDC Surabaya.



Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Cegah Banjir Terjadi, Mahasiswa UKDC Surabaya Perbaiki Saluran Pembuangan di Bratang Lapangan, https://surabaya.tribunnews.com/2019/06/18/cegah-banjir-terjadi-mahasiswa-ukdc-surabaya-perbaiki-saluran-pembuangan-di-bratang-lapangan.

Editor: Eben Haezer Panca

Cegah Banjir Terjadi, Mahasiswa UKDC Surabaya Perbaiki Saluran Pembuangan di Bratang Lapangan Reviewed by on . Mahasiswa UKDC Surabaya melakukan perbaikan saluran pembuangan air di kampung Bratang, Lapangan, Surabaya. SURYA.co.id | Permasalahan saluran pembuangan yang be Mahasiswa UKDC Surabaya melakukan perbaikan saluran pembuangan air di kampung Bratang, Lapangan, Surabaya. SURYA.co.id | Permasalahan saluran pembuangan yang be Rating: 0

UKDC Partner 5

Pembangunan gedung baru UKDC

Pada hari Kamis 29 Oktober 2015 telah dilakukan ground breaking pembangunan gedung baru UKDC. Selain dihadiri oleh tamu kehormatan Uskup Surabaya Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono Pr, acara ground breaking ini dihadiri oleh tamu undangan, para mantan rektor, pengurus yayasan, dosen dan tenaga pendidik UKDC.

Gedung baru UKDC yang terletak di kampus UKDC di Jln. Dr.Ir. Soekarno (MERR) 201, Surabaya akan terdiri dari 8 lantai untuk menunjang peningkatan kegiatan akademik dan ektraskurikuler. Diperkirakan mahasiswa baru UKDC dalam 4 tahun ke depan adalah 500 mahasiswa baru untuk setiap angkatan.

Gedung yang dibangun dengan dana sekitar 30 M rupiah ini akan dilengkapi dengan fasilitas kafe dan lapangan basket indoor. Gedung baru ini direncanakan selesai dibangun pada pertengahan 2018.

Gedung UKDC1

Klik di sini untuk informasi dan galeri foto lebih lanjut

Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC). Jln. Dr.Ir. Soekarno (MERR) 201 - Surabaya Timur 60117. Tlp (031) 5946482, 5914157. Fax (031) 5939625.

scroll to top