Arti Nama Vidya Loka

 

Pemilihan nama gedung barat Universitas Katolik Darma Cendika melewati beberapa proses yang dilakukan oleh Ketua Dewan Pengawas Yayasan yaitu Mgr. Vincentius Sutikno Wicaksono, Ketua Dewan Pengurus Yayasan yaitu Rm. Adrian Adirejo, OP serta Rektor Universitas Katolik Darma Cendika yaitu RD. DR. Budi Hermanto,M.M. Hal ini bertujuan agar nama yang dipilih dapat memiliki makna yang baik sesuai dengan cita-cita para pendiri.

Beberapa pihak mengusulkan nama gedung ini sesuai dengan nama baptis dari Mgr. Vincentius Sutikno Wicaksono yaitu Gedung Vincentius. Namun dengan kerendahan hatinya, beliau menolak. Dan kemudian menyarankan mengambil dari Bahasa Sansekerta. Setelah melalui beberapa proses pencarian dan bertanya pada beberapa ahli,maka dipilihlah nama gedung baru Universitas Katolik Darma Cendika yaitu Vidya Loka. Yang memiliki arti tempat ilmu pengetahuan. Dan sangat sesuai dengan karakterisitik dari semangat pendidikan Universitas Katolik Darma Cendika yang memberikan diri sebagai tempat ilmu pengetahuan dengan dasar scientia et moralis (pengetahuan dan moralitas). Pengetahuan menghancurkan kegelapan akal budi, yang bermuara pada pencerahan hidup bermoral. Ada keterkaitan yang mendalam antara sarana fisik dan kebudayaan pembelajaran.

Semoga kehadiran Vidya Loka ini memacu kemajuan kebudayaan pembelajaran di Universitas Katolik Darma Cendika, dimana semua pihak yang terlibat dalam proses pembelejaran-manajemen, staff akademik dan mahasiswa-semakin memberikan yang terbaik dan membawa Universitas Katolik Darma Cendika pada standar pendidikan yang mampu menanggapi tuntutan kemajuan zaman.