Home » Berita » Pengenalan kampus mahasiswa baru UKDC

Pengenalan kampus mahasiswa baru UKDC

Jika kita berbicara tentang ospek apakah yang terbayang dibenak anda pertama kali? Ospek atau yang kini dikenal dengan nama Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (PKMB) adalah satu kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan seputar kegiatan kampus kepada calon mahasiswa baru. Tetapi masyarakat luas terlanjur memunyai mainset bahwa ospek adalah ajang pembullyan dan perpeloncoan yang dilakukan oleh mahasiswa lama (senior) kepada calon mahasiswa baru (maba). Hal tersebut bukanlah menjadi suatu hal yang baru karena pembullyan dan perpeloncoan tersebut sudah ada sejak jaman dulu dan turun temurun dari waktu ke waktu. Bahkan hal tersebut dapat dikatakan sebagai “tradisi” atau “bumbu pelengkap” dalam menyambut mahasiswa baru disuatu Universitas.

Beberapa surat kabar pernah memaparkan beberapa khasus tentang tradisi ospek yang keras sehingga banyak merenggut nyawa seseorang. Hal itu sangat memprihatinkan dan mendapatkan banyak respon negatif dari masyarakat. Sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan baru perihal tata aturan PKMB dengan menghapuskan “tradisi lama” yang selama ini sudah turun temurun. Dan kebijakan tersebut disambut dengan respon yang sangat baik dari seluruh masyarakat. Setidaknya para wali murid tidak resah ketika akan menyekolahkan putra putri mereka ke jenjang yang lebih tinggi di Universitas.

Berbeda halnya dengan Universitas pada umumnya. Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya (UKDC) mengemas kegiatan PKMB secara unik dan pastinya membuat kesan baik yang melekat pada peserta mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan PKMB pada tahun 2016 ini. Kegiatan PKMB 2016 yang diadakan oleh UKDC diikuti oleh kurang lebih 234 orang calon mahasiswa. Calon mahasiswa tersebut dikelompokkan menjadi 20 kelompok dengan nama kelompok yang diambil dari nama tokoh wayang seperti nakula, sadewa, arjuna, dsb.

Briefing PKMB tersebut diadakan pada tanggal 19 Agustus 2016. Pada acara breafing tersebut dipaparkan tentang tugas – tugas dan peraturan yang harus dilaksanakan oleh peserta. Tugas yang diberikan juga tidak terlalu memberatkan peserta. Peserta hanya harus membuat Essai dengan tema yang sudah ditentukan oleh panitia, membuat yel – yel, melengkapi buku kreatifitas dan menyiapkan performance untuk malam inagurasi.

Hari pertama PKMB 2016 dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2016. Dihari pertama ini mahasiswa mengikuti sesi tentang Peran Mahasiswa dalam Pencapaian Visi Misi Perguruan Tinggi, Tanggung Jawab Mahasiswa dalam Bidang Akademik. Sesi ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui dan melaksanakan Visi-Misi dari Universitas Katolik Darma Cendika dan agar mahasiswa mampu menjalankan tanggung jawabnya dalam bidang akademik. Selain itu pada hari pertama PKMB 2016 ini mahasiswa baru diperkenalkan tentang berbagai macam biro penting di UKDC seperti Biro Keuangan, Biro Administrasi, Biro Kemahasiswaan, Kampus Ministry, dan Perpustakaan. Setelah itu mahasiswa diberi bekal pengetahuan tentang seputar struktur organisasi kemahasiswaan seperti SMPT (Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi) dan BEM-U (Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas).

Hari kedua dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2016. Berbeda dari hari sebelumnya penyampaian sesi materi pada hari kedua ini dikemas menarik. Pada sesi Hak dan Kewajiban Mahasiswa dalam Bidang Pelayanan Akademik disampaikan dengan metode ceramah yang dibagi menjadi 5 kelas dan masing – masing kelas didampingi oleh pemateri dari Wakil Rektor dan Dosen UKDC. Pada sesi materi Core Valeu UKDC diawali dengan penampilan wayang. Dan yang berperan sebagai dalang adalah Bapak Anas Hidayat, S.T., M.T. selaku dosen Fakultas Teknik Universitas Katolik Darma Cendika. Cerita yang disampaikan memiliki nilai moral yang menarik dan dikemas secara singkat dan mengandung unsur humor yang membuat peserta tertarik untuk terus mengikuti alur ceritanya. Yang tidak kalah menarik lagi dihari kedua ini diadakan Seminar Narkoba dengan tema Optimalisasi Peran Kampus dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. Narasumber pada seminar ini didatangkan langsung perwakilan dari pihak BNN (Badan Narkotika Nasional).

Setelah seharian mendapatkan ilmu dan pengalaman penting, peserta diajak untuk masuk ke ruang – ruang UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di UKDC menurut bakat dan minat dari masing – masing peserta. Peserta sanagat antusias sekali untuk mengetahui 9 UKM yang diadakan di UKDC. Sehingga para pengurus UKM agak kerepotan dalam menyambut para peserta yang jumlahnya diluar perkiraan pengurus UKM tersebut.

31 Agustus 2016 adalah hari terakhir acara PKMB 2016 dilaksanakan. Pada hari terakhir ini masih ada sesi yang tidak kalah penting dari sesi materi pada hari sebelumnya yaitu sesi materi Urgensi Etika Akademik dalam Kehidupan Pendidikan Tinggi dan Pengenalan Fakultas yang akan membahas tentang tata cara pengambilan KRS (Kartu Rencana Studi), pemaparan tentang struktur organisasi fakultas dsb.

Setelah sesi materi tersampaikan, panitia mengadakan kompetisi untuk peserta. Kompetisi ini berupa game pos yang harus dilewati oleh semua peserta. Peserta sangat menikmati setiap pos dengan semangat dan kegembiraan. Pos dalam kegiatan kompetisi ini dibagi menjadi 5 pos. Masing – masing permainan dalam pos ini mengandung pesan moral yang disampaikan. Tidak hanya bermain tapi panitia mengajarkan kepada peserta agar mampu mempraktekan tentang Core Valeu UKDC yaitu peduli, jujur, dan bertanggung jawab. Dan kegiatan pada hari terakhir tersebut ditutup dengan malam inagurasi. Dimalam inagurasi ini masing – masing kelompok menampilkan bakat mereka seperti menyanyi, bermain music, dan membaca puisi. Tidak hanya para peserta yang unjuk kebolehan, panitia acara juga menampilkan satu pertunjukkan yaitu menyanyi. Meskipun sederhana tapi acara PKMB 2016 di Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya ini bermanfaat dan memberikan kenangan tersendiri bagi peserta dan panitia acara tentunya.

Pengenalan kampus mahasiswa baru UKDC Reviewed by on . Jika kita berbicara tentang ospek apakah yang terbayang dibenak anda pertama kali? Ospek atau yang kini dikenal dengan nama Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (PK Jika kita berbicara tentang ospek apakah yang terbayang dibenak anda pertama kali? Ospek atau yang kini dikenal dengan nama Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (PK Rating: 0

UKDC Partner 5

Pembangunan gedung baru UKDC

Pada hari Kamis 29 Oktober 2015 telah dilakukan ground breaking pembangunan gedung baru UKDC. Selain dihadiri oleh tamu kehormatan Uskup Surabaya Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono Pr, acara ground breaking ini dihadiri oleh tamu undangan, para mantan rektor, pengurus yayasan, dosen dan tenaga pendidik UKDC.

Gedung baru UKDC yang terletak di kampus UKDC di Jln. Dr.Ir. Soekarno (MERR) 201, Surabaya akan terdiri dari 8 lantai untuk menunjang peningkatan kegiatan akademik dan ektraskurikuler. Diperkirakan mahasiswa baru UKDC dalam 4 tahun ke depan adalah 500 mahasiswa baru untuk setiap angkatan.

Gedung yang dibangun dengan dana sekitar 30 M rupiah ini akan dilengkapi dengan fasilitas kafe dan lapangan basket indoor. Gedung baru ini direncanakan selesai dibangun pada pertengahan 2018.

Gedung UKDC1

Klik di sini untuk informasi dan galeri foto lebih lanjut

Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC). Jln. Dr.Ir. Soekarno (MERR) 201 - Surabaya Timur 60117. Tlp (031) 5946482, 5914157. Fax (031) 5939625.

scroll to top